Tips Pakai Skincare untuk Pria dan Kenali Jenis-Jenis Kulit

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 23 Sep 2022 12:06 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Tips pakai skincare untuk pria, dan kenali jenis kulit sebelum menggunakannya.
tirto.id - Saat ini kebutuhan perawatan kulit atau skincare menjadi salah satu hal penting bagi sebagian masyarakat.

Merawat kulit bukan hanya menjadi urusan kaum hawa saja, namun, saat ini para pria juga membutuhkan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit.

Oleh karena itu, kini di pasaran banyak bermunculan berbagai produk perawatan kulit dengan label pria, atau khusus pria.

Lalu, sebenarnya, apakah seorang pria juga membutuhkan perawatan kulit seperti perempuan?

Mengutip situs Times of India, perawatan kulit yang dilakukan oleh pria, bukan untuk mendapatkan unsur estetik seperti perempuan, melainkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Pada dasarnya, kebanyakan pria telah melakukan perawatan kulit seperti rutin mencuci muka menggunakan sabun khusus, namun, seiring dengan perubahan waktu, kondisi iklim dan perubahan perspektif, maka, rangakaian perawatan kulit lainnya juga dibutuhkan oleh pria.

"Kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia, ini berlaku untuk wanita dan pria. Ada perbedaan struktural tertentu, misalnya, kulit pria lebih berminyak, lebih tebal, " kata Dr. Neha Dubey, Konsultan Dermatologi Medis & Kosmetik.

Dilansir dari situs Doctor NDTV, pria juga perlu merawat kulitnya, untuk mencegah sekresi minyak sekaligus menjaga keseimbangan kulit.

Jika dibandingkan dengan wanita, kulit pria memiliki lebih banyak kolagen dan elastin yang membuat kulit mereka tebal dan kencang, sehingga tanda-tanda penuaan muncul lebih lambat dibandingkan wanita.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai Skincare


Sebelum menggunakan skincare atau rangkaian perawatan kulit, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

- Ketahui Jenis Kulit Anda

Ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan, sebelum memulai rangkaian perawatan kulit Anda.

Ketahui apakah jenis kulit anda termasuk tipe berminyak, kering, atau kombinasi. Umumnya, orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki minyak di t-zone (dahi, hidung, dan dagu). Periksa ini menggunakan kertas tisu dan kenali jenis kulit Anda.

- Pilih produk sesuai jenis kulit

Produk perawatan kulit dibuat sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, sehingga tidak boleh dipakai sembarangan.

Karena ada perbedaan antara kulit pria dan wanita, produk dibuat secara khusus dengan mempertimbangkan semua faktor tersebut. Pastikan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan hati-hati.

- Jangan lupa SPF

Sun Protection Factor atau SFP atau sunscreen harus menjadi bagian penting dari perawatan kulit Anda karena melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya yang menyebabkan kulit terbakar, penyamakan kulit dan secara bertahap menyebabkan penuaan dini.

Untuk pria, tabir surya dengan SPF 30 adalah pilihan yang bagus dan harus digunakan setiap hari.

Jenis-Jenis Kulit

Menggunakan produk perawatan kulit tidak boleh sembarangan. Itu artinya, Anda harus menggunakan skincare sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Berikut 4 tipe kulit menurut Clevelandclinic.

1. Kulit normal

Kulit normal dapat mentolerir berbagai produk perawatan kulit yang berbeda tanpa hasil yang kasar.

2. Kulit kering

Orang dengan tipe kulit kering lebih murah mengalami merah Kulit dan bersisik, terutama saat musim dingin.

Anda mungkin juga memiliki jenis ini jika Anda menghilangkan minyak alami dari kulit Anda dengan mencuci atau menggosok tubuh Anda secara berlebihan.

Jika Anda memiliki jenis kulit ini, Anda lebih rentan terkena eksim.

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif bereaksi terhadap produk yang berbeda dalam berbagai cara. Jika Anda mengalami ruam atau mengalami gatal-gatal, kemerahan atau terbakar saat mencoba produk perawatan kulit baru, Anda mungkin memiliki jenis kulit ini.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak menyebabkan wajah Anda tampak berkilau atau cerah. Anda cenderung lebih mudah berjerawat atau bermasalah dengan jerawat jika Anda memiliki jenis kulit ini.

Tips Menggunakan Skincare Bagi Pria


Memahami jenis kulit Anda akan membantu Anda mempelajari cara merawat kulit dan memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk Anda.

Dilansir dari situs American Academy of Dermatology Association, berikut ini adalah tips menggunakan skincare bagi pria, yang direkomendasikan oleh dermatologist.

1. Pertimbangkan label dan bahan produk

Produk perawatan kulit yang Anda pilih akan tergantung pada jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, carilah pembersih dan pelembab yang bertuliskan “bebas minyak” atau “non-komedogenik” karena tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan produk “bebas pewangi” yang ringan, karena produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit terasa teriritasi dan kering. Namun, berhati-hatilah terhadap produk berlabel "tanpa pewangi", karena banyak di antaranya mengandung wewangian masker yang masih dapat mengiritasi kulit Anda.

2. Cuci muka setiap hari dan setelah berolahraga

Karena sabun batangan biasa sering mengandung bahan keras yang dapat mengeringkan kulit, cuci muka dengan pembersih wajah ringan dan air hangat, bukan air panas.

3. Perhatikan teknik mencukur Anda

Pisau cukur tertentu dapat mencukur terlalu dekat dengan kulit Anda. Jika Anda sering mengalami benjolan akibat pisau cukur, luka bakar akibat pisau cukur, atau rambut yang tumbuh ke dalam, gunakan pisau cukur dengan satu atau dua mata pisau dan jangan meregangkan kulit Anda saat bercukur.

Sebelum Anda bercukur, basahi kulit dan rambut Anda untuk melembutkannya. Gunakan krim cukur yang melembapkan dan cukur searah pertumbuhan rambut. Bilas setelah setiap gesekan pisau cukur, dan ganti pisau Anda setelah lima hingga tujuh kali bercukur untuk meminimalkan iritasi.

4. Rutin menggunakan pelembab

Pelembab bekerja dengan menjebak air di kulit Anda, yang dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan lebih muda.

Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab ke wajah dan tubuh Anda segera setelah mandi, mandi atau bercukur saat kulit masih lembab.

5. Periksa kulit Anda secara teratur

Bintik-bintik atau tahi lalat baru yang gatal, berdarah, atau berubah warna seringkali merupakan tanda peringatan dini kanker kulit.

Jika Anda melihat ada bintik-bintik yang mencurigakan, buatlah janji bertemu dengan dokter kulit.

Pria di atas usia 50 memiliki risiko lebih tinggi terkena melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan, daripada populasi umum. Namun, jika diketahui lebih awal, kanker kulit sangat bisa diobati.

6. Kenakan tabir surya

Untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik penuaan dan bahkan kanker kulit, sebelum pergi ke luar ruangan, oleskan tabir surya ke semua area kulit yang terbuka, termasuk kulit kepala, telinga, leher, dan bibir Anda.

Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya spektrum luas, tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan aplikasikan kembali setiap dua jam atau segera setelah berenang atau berkeringat.

Anda juga dapat melindungi kulit Anda dengan mencari naungan dan mengenakan pakaian pelindung sinar matahari, seperti kemeja ringan dan lengan panjang, celana, topi bertepi lebar dan kacamata hitam dengan perlindungan UV, jika memungkinkan.

Untuk perlindungan matahari yang lebih efektif, pilih pakaian dengan label faktor perlindungan ultraviolet (UPF).


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yantina Debora

DarkLight