Apa Beda Kebutuhan Skincare antara Pria, Wanita dan Urutan Skincare

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 27 Jul 2022 08:52 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Urutan skincare pemula, urutan memakai skincare pagi, cara memakai skincare yang benar dan beda kebutuhan skincare laki-laki perempuan.
tirto.id - Skincare adalah serangkaian aktivitas perawatan kulit yang bertujuan dan mendukung kesehatan kulit. Arti skincare atau perawatan kulit termasuk juga meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit.

Skincare dapat mencakup nutrisi bagi kulit hingga menghindari dampak negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Seiring perkembangan jaman, saat ini, skincare juga telah menjadi salah satu kebutuhan wajib tak hanya untuk perempuan tetapi juga laki-laki.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat perbedaan kebutuhan skincare untuk laki-laki dan perempuan? Dermatologist dr. Ika Ayu, M.Biomed (AAM) menjelaskan bahwa saat ini pria maupun perempuan perlu untuk menggunakan skincare, tetapi memang kebutuhan skincare-nya tentu berbeda.

“Jenis kulit laki-laki sama perempuan pasti beda ya. Kalau perempuan itu biasanya jauh lebih tipis, kalau laki-laki strukturnya lebih tebal dan pori-porinya juga lebih besar daripada perempuan,” kata Ika seperti dilansir dari Antara.

Dengan kondisi kulit laki-laki yang cenderung beraktivitas di luar ruangan, Ika mengatakan bahwa skincare yang dibutuhkan adalah sunblock. Sebab tanpa penggunaan sunblock, kulit dapat rentan berminyak dan berjerawat.

“Untuk laki-laki, apalagi mereka aktivitasnya banyak outdoor ya, dan nggak serajin perempuan pakai sunblock, nah itu juga mempengaruhi kenapa laki-laki lebih sangat berminyak dan jerawat,” jelas Ika.

“Dari segi skincare juga pastinya beda. Karena kalau misalnya laki-laki itu yang dibutuhkan adalah sunblock. Sunblock-nya juga berbeda dari perempuan. Kalau laki-laki itu yang oil free atau water based. Karena hampir semua laki-laki kulitnya berminyak,” tambahnya.

Selain itu, Ika juga mengingatkan agar lebih berhati-hati dalam memilih serum. Sebab, serum pria dan wanita juga berbeda.

“Pemilihan serum juga hati-hati. Karena serum perempuan sama laki-laki berbeda. Karena laki-laki kurang aware, jadi cenderung iritasi. Jadi penting untuk dikonsultasikan,” tutupnya.

Ika berharap, kini pria lebih dapat peduli terhadap kesehatan kulitnya. Sebab, bukan hanya wanita yang membutuhkan perawatan kulit dengan skincare. Pria pun juga memerlukan skincare sesuai dengan jenis dan kebutuhannya masing-masing.

Tahapan penggunaan skincare



Rutinitas perawatan kulit harian memiliki lima langkah dasar yang dapat Anda lakukan terutama di pagi hari. Berikut adalah langkah perawatan kulit atau penggunaan skincare yang dapat Anda lakukan,

1. Cleansing

Pilih pembersih yang tidak membuat kulit Anda kencang setelah dicuci. Bersihkan wajah Anda tidak lebih dari dua kali sehari, atau hanya sekali, jika Anda memiliki kulit kering dan jangan memakai makeup. Hindari mencuci muka hanya untuk rasa bersih-bersih karena itu berarti minyak alami kulit Anda hilang.

2. Toner dan cara menggunakannya

Dilansir dari laman The New York Times, bagi banyak orang, kata "toner" mengingatkan astringen menyengat dari tahun 80-an. "Yang asli adalah produk berbasis alkohol yang digunakan untuk mengeringkan kulit berminyak dan menghilangkan kotoran sisa setelah pembersihan," kata Rachel Nazarian, MD, dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di New York, Amerika Serikat.

Namun, saat ini formula tersebut telah berevolusi. Toner kini adalah sebuah suplemen - cairan tipis yang memberikan tambahan nutrisi, dan menyeimbangkan warna kulit Anda.

Saat menggunakan toner ada baiknya jika Anda langsung menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan Anda lalu mengusapkannya pada wajah. Hal ini lebih efektif daripada menuangkan toner ke kapas terlebih dahulu baru ke wajah.

3. Serum

Serum dengan vitamin C akan lebih baik jika digunakan pada pagi hari, di bawah tabir surya. Sedangkan di malam hari, serum dengan bahan retinol atau retinoid akan bekerja paling baik.

4. Pelembab

Bahkan kulit berminyak sekalipun juga membutuhkan pelembab, tetapi gunakan pelembab yang ringan, berbasis gel, dan tidak komedogenik, atau tidak menghalangi pori-pori Anda, seperti lotion wajah. Tak bisa dipungkiri bahwa kulit kering biasanya memang akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari penggunaan pelembab berbasis krim.

5. Tabir surya atau sunscreen

Oleskan tabir surya dengan 30 SPF 15 menit sebelum ke luar rumah, karena diperlukan beberapa saat untuk mengaktifkan tabir surya. Warna kulit yang lebih gelap sebenarnya membutuhkan lebih banyak perlindungan dari sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki.

Guna mendapat efek yang maksimal dari tabir surya ada baiknya Anda menggunakannya secara berulang setiap tiga atau empat jam sekali.

Tabir surya selain berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini, munculnya bintik hitam di wajah hingga mencegah terjadinya kanker kulit.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight