4 Kandungan Skincare yang Mampu Perbaiki Skin Barrier

Ilustrasi perawatan kulit. foto/Istockphoto
4 Kandungan Skincare yang Mampu Perbaiki Skin Barrier.
Minggu, 6 Maret 2022 04:02 WIB
Menjaga skin barrier menjadi kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Sebagai lapisan kulit terluar yang berfungsi menjaga kulit wajah dari berbagai masalah dan kerusakan, menjaga skin barrier tetap sehat sangatlah penting.

Ciri-ciri kulit yang skin barriernya telah rusak antara lain berjerawat, kusam, iritasi, kulit kering dan bersisik. Jika sudah demikian, maka kulit harus mendapatkan perawatan khusus agar skin barrier kembali sehat.

Kini sudah banyak produk skincare mulai dari facial wash, serum wajah, moisturizer, dan sunscreen yang diformulasikan khusus untuk menjaga dan merawat skin barrier. Karena itu, sebaiknya baca dulu bahan-bahan yang terkandung dalam skincare untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Ini 4 kandungan bahan aktif dalam skincare yang berfungsi menjaga dan merawat skin barrier.

1. Ceramides

Ceramides adalah bahan aktif yang digunakan dalam skincare untuk merawat dan menjaga skin barrier. Ceramides berfungsi antara lain untuk menjaga kelembaban kulit, menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah, dan melindungi tekstur kulit. Ceramides juga dinilai mampu untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, pilihlah skincare yang memiliki kandungan ini untuk memperkuat skin barrier.

2. Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu bahan aktif dalam skincare yang sangat diminati para pecinta skincare. Kandungan ini bisa ditemui hampir di semua jenis skincare. Selain untuk merawat dan memperkuat skin barrier, bahan aktif niacinamide memiliki banyak manfaat lain seperti mencerahkan kulit wajah, menghidrasi kulit, dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan skincare ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam.

3. Hyaluronic Acid

Salah satu masalah yang ditimbulkan akibat skin barrier yang rusak adalah kulit kering dan kusam. Untuk mengatasi masalah ini, kandungan hyaluronic acid bisa jadi pilihan. Kandungan bahan aktif ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering dan berkerut. Hyaluronic acid, sebagaimana dilansir di laman Art of Skincare bekerja dengan merangsang sel-sel kulit agar lebih terhidrasi dan meremajakan kulit menjadi lebih lembab, halus, kenyal dan sehat.

4. Centella Asiatica

Tanda-tanda lain jika skin barrier sedang tidak sehat adalah berjerawat dan kulit kemerahan atau iritasi. Untuk masalah ini, kandungan bahan aktif centella asiatica wajib ada dalam skincare Anda.
Karena fungsi dari kandungan centella asiatica adalah meredakan jerawat dan kemerahan akibat iritasi sekaligus menjaga skin barrier. Centella asiatica merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di kawasan Asia tropik dan kaya akan kandungan antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang baik untuk kulit Anda.

Dilansir dari beautyplus.id , dengan skin barrier yang sehat, maka penggunaan skincare pada kulit wajah akan terserap dengan lebih optimal dan kulit wajah pun jadi lebih sehat dan terawat.


DarkLight