Gaya Hidup

Tips Move On dari Mantan Kekasih yang Masih Dicintai

Kontributor: Erika Erilia - 25 Jul 2022 19:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Tips "move on" dari mantan kekasih yang masih dicintai, salah satunya dengan memaafkan.
tirto.id - Hubungan percintaan bisa kandas di tengah jalan sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Terlepas dari apapun masalahnya dan siapa yang salah atau benar, putus cinta dapat menjadi kenangan pahit dalam hidup seseorang.

Tak jarang perpisahan ini juga membuat seseorang sulit untuk bangkit atau move on dari mantan pasangannya.

Namun sesulit apapun, hidup harus tetap berjalan karena meninggalkan masa lalu yang kelam adalah kunci kebahagiaan di masa depan.

Tips Move On dari Mantan


Ilustrasi Relasi Pasangan Berjarak
Ilustrasi foto relasi pasangan yang berjarak. Getty Images/iStockphoto


Jika masih sulit melupakan mantan kekasih, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa segera move on. Berikut beberapa tips move on dari pasangan yang masih dicintai:

  • Beri waktu untuk bersedih

Ilustrasi Sedih
Ilustrasi Sedih. foto/istockphoto


Kebanyakan orang yang mengalami putus cinta akan langsung berusaha untuk melupakan dengan harapan bisa segera move on. Padahal, ini justru cara yang kurang tepat.

Dilansir dari laman The EveryGirl, ingin cepat-cepat melupakan merupakan indikasi ingin menghindar dari perasaan negatif seperti sedih, sakit, atau kecewa.

Psikolog Dr. Antonio Pascual-Leone mengungkapkan bahwa menghindar tidaklah menyelesaikan masalah.

Beri waktu pada diri sendiri untuk merasakan kesedihan dan kesepian setelah putus cinta. Hadapi semua perasaan tidak nyaman itu dan jangan menghindar.

Berdasar penelitian yang dilakukan Dr. Antonio Pascual-Leone, berani menghadapi semua emosi negatif akan membuat hati merasa lebih lega.

Selain itu, cara ini membuat seseorang lebih cepat pulih dari perasaan tidak nyaman sehingga dapat move on lebih mudah.

  • Terima kenyataan

Saat menghadapi situasi yang tidak diinginkan seperti putus cinta, Anda kadang sibuk mencari jawaban tentang kenapa semuanya bisa terjadi.

Bahkan, Anda mungkin akan berandai-andai tentang apa yang seharusnya dilakukan agar semuanya tetap baik-baik saja.

Ada banyak alternatif cerita yang Anda pikirkan yang mungkin bisa mencegah putusnya sebuah hubungan.

Ironisnya, hal ini kadang dilakukan berulang-ulang kali, dan inilah yang membuat Anda susah untuk move on dari mantan.

Menurut psikolog Guy Winch, alih-alih berandai-andai atau mengarang cerita, lebih baik relakan masa lalu dan terimalah kenyataan yang terjadi saat ini.

  • Putuskan komunikasi dengan mantan

Ilustrasi telepon
Ilustrasi telepon. FOTO/iStockphoto


Jangan terjebak dengan anggapan bahwa tetap menjalin hubungan dengan mantan kekasih adalah sebuah kedewasaan. Anda sebenarnya tidak punya kewajiban untuk tetap berteman dengan mantan.

Faktanya, menjalin hubungan baik atau berteman dengan mantan kekasih tidak akan pernah berhasil ketika Anda tidak sepenuhnya pulih dari rasa patah hati. Jadi yang pertama harus dilakukan adalah pulih dan move on terlebih dahulu.

Salah satu caranya adalah dengan memutus komunikasi dengan mantan kekasih. Jangan hubungi dia dan jangan menjawab pesan/ panggilan teleponnya.

  • Ingatlah bahwa mantan kekasih kita bukanlah orang yang sempurna

Salah satu hal yang membuat kita susah move on adalah adanya anggapan bahwa mantan kekasih kita terlalu sempurna untuk dilepaskan.

Namun ingatlah bahwa tidak ada seseorang atau hubungan percintaan yang sempurna.

Coba ingat-ingat tentang hal negatif yang pernah dilakukan oleh sang mantan. Hal ini bisa membuat hati kita lebih yakin bahwa putus cinta adalah jalan yang terbaik.

  • Memaafkan dan berdamai dengan masa lalu

Ilustrasi memaafkan
Ilustrasi. FOTO/IStock


Salah satu penyebab sulit move on adalah adanya rasa marah, sakit hati, dan kecewa terhadap mantan kekasih. Emosi negatif seperti ini hanya bisa hilang apabila Anda belajar untuk memaafkan dan mencoba berdamai dengan masa lalu.

Dikutip dari Psychology Today, caranya bisa dengan mengingat kembali momen tak menyenangkan di masa lalu, kemudian mencoba melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Hal ini memang tidak akan mengubah keadaan atau membenarkan suatu kesalahan yang pernah dibuat oleh sang mantan kekasih. Tapi setidaknya kita bisa lebih bijak dalam memahami apa yang sudah terjadi.

Cara lain agar bisa lebih mudah memaafkan adalah mengingat sisi baik dari sang mantan. Sadarlah bahwa setiap orang punya kelebihan dan pasti pernah melakukan kesalahan.

  • Jangan menyalahkan diri sendiri

Putus cinta bukan berarti Anda gagal dan tak pantas untuk dicintai. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri karena hal itu hanya akan buang-buang waktu dan memicu emosi negatif lainnya.

Kalaupun Anda melakukan kesalahan di masa lalu, akui hal tersebut lalu perbaiki. Belajarlah dari kesalahan itu demi kebaikan di masa mendatang.

Namun yang terpenting adalah memaafkan diri sendiri. Sadarlah bahwa Anda tidak menjadi orang yang buruk hanya karena putus cinta. Sadarlah bahwa Anda layak untuk dicintai dan berhak untuk kembali bahagia.

Infografik SC Tips Move On dari Mantan
Infografik SC Tips Move On dari Mantan. tirto.id/Ecun



Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Dhita Koesno

DarkLight