Tips dan Manfaat Mengajarkan Bahasa Asing Kepada Anak

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 22 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Bahasa asing menjadi hal yang penting untuk diajarkan kepada anak. Kemajuan teknologi akan membuka peluang anak berinteraksi dengan berbagai orang dari berbagai belahan dunia.
tirto.id - Tidak hanya bahasa Indonesia, para orang tua kini telah mengajarkan bahasa Asing pada anak mereka. Bahkan banyak anak kecil yang telah mahir untuk berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Lantas, mengapa mengajarkan bahasa asing penting dan bagaimana tipsnya?

Eurydice menuliskan bahasa adalah bagian penting dalam kehidupan. Apa yang dilakukan akan senantiasa melibatkan bahasa. Kekuatan bahasa untuk membentuk, menyatukan, atau memecah belah orang telah dikenal dan digunakan dalam berbagai cara untuk memengaruhi dan mengarahkan orang.

Oleh karenanya, bahasa asing menjadi hal yang penting untuk diajarkan kepada anak. Kemajuan teknologi akan membuka peluang anak berinteraksi dengan berbagai orang dari berbagai belahan dunia. Dengan bekal bahasa asing yang telah ia kuasai sejak dini, ia akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan dunia global.

Selain itu, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari belajar bahasa asing sejak dini. Berikut adalah di antaranya dilansir dari Parents:

1. Anak-anak yang belajar bahasa lebih imajinatif, lebih baik dengan ide-ide abstrak, dan lebih fleksibel dalam pemikiran mereka.

2. Mereka memiliki kepekaan yang lebih besar terhadap bahasa dan telinga yang lebih baik untuk mendengarkan.

3. Mempelajari bahasa asing meningkatkan pemahaman anak tentang bahasa asalnya sendiri.

4. Bahasa akan membuka pintu ke budaya lain dan membantu anak memahami dan menghargai orang dari negara lain.

5. Bahasa bisa membantunya merasa terhubung dengan kondisi sejarah yang telah terjadi.

Hambatan mungkin terjadi saat mengajari si kecil menggunakan bahasa asing. Ada berbagai faktor yang menjadi pemicu seperti usia anak, bahasa pertama yang digunakan, dan alasan mereka dalam belajar bahasa asing. Bagaimana guru mengajarkan di sekolah juga menjadi faktor pemicu si kecil untuk dapat lancar menggunakannya.

Anda dapat membantu anak Anda belajar dengan cepat dengan memberi mereka banyak kesempatan untuk menggunakan bahasa Inggris. Dengan melibatkan penggunaan bahasa asing dalam sehari-hari, dapat membantu untuk memiliki alasan nyata untuk menggunakan bahasa, daripada hanya mempelajari tata bahasa.

Dilansir dari Cambridge English, anak perempuan dan laki-laki memiliki kemampuan belajar bahasa yang berbeda. Anak perempuan cenderung mengembangkan bahasa lebih cepat.

Sikap untuk belajar dapat berdampak besar pada keberhasilan pendidikan sehingga penting untuk menemukan cara guna mendorong anak dan membantu mereka menikmati pembelajaran mereka.

Ada tiga tahapan yang dapat dilakukan oleh para orang tua saat mengajarkan bahasa asing sejak dini kepada si kecil seperti dilansir Parents berikut ini:

1. Mulai sejak awal

Setiap bayi dilahirkan dengan kemampuan untuk meniru suara bahasa apa pun. Tetapi pada saat bayi berumur sekitar 10 bulan, ia mulai mempersempit kisaran suara untuk ia dengar di sekitarnya.

Jadi, jika Anda ingin anak Anda belajar bahasa kedua, yang terbaik adalah memperkenalkannya di tahun pertama kehidupan. Jika Anda adalah keluarga bilingual (atau memiliki pengasuh bilingual), mintalah satu orang tua (dan / atau pengasuh) berbicara bahasa kedua kepada bayi sepanjang waktu sehingga ia memiliki kesempatan untuk dapat belajar dengan mendengarkannya sejak bayi.

2. Daftarkan anak Anda ke kelas bahasa

Jika anak Anda tidak memiliki kesempatan untuk belajar bahasa kedua di rumah, Anda dapat mendaftarkannya di kelas bahasa untuk anak-anak. Beberapa sekolah menawarkan kelas "Mommy & Me" untuk anak-anak usia 2 tahun sementara yang lain menyediakan kelas untuk prasekolah dan usia sekolah.

Saat mencari kelas, pastikan kelas memiliki native speaker, membuat anak-anak tertarik, dan memiliki durasi yang cukup untuk belajar anak.

3. Kembangkan belajar di rumah dengan menggunakan bahasa asing dalam sehari-hari

Meskipun kelas dapat memberikan dasar yang baik untuk pembelajaran bahasa, Anda harus memperkuat konsep di rumah. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

- Perkenalkan anak Anda ke buku bergambar berbahasa asing, video, kaset, CD, dan acara TV yang ditujukan untuk anak-anak.

- Cari di laman untuk situs budaya asing - seperti Paris.org yang dapat dilihat dalam bahasa Inggris dan bahasa asing.

- Berjalan melalui departemen makanan etnis supermarket dan melihat label.

- Beri label benda-benda rumah tangga dalam bahasa asing, dan praktikkan mengidentifikasinya.

- Undang tamu yang fasih berbahasa lain.


Baca juga artikel terkait BAHASA ASING atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight