Tanaman Pengusir Nyamuk Sekaligus Tanaman Hias di Rumah

Kontributor: Nurul Azizah - 29 Jul 2020 13:59 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa tanaman yang bisa menjadi pengusir nyamuk di rumah, antara lain; lavender, basil, atau horsemint. Selain itu, juga berfungsi sebagai tanaman hias.
tirto.id - Nyamuk menjadi hewan yang akan sangat menganggu aktivitas harian manusia. Kehadiran nyamuk menandakan bahwa lingkungan sekitar sedang tidak bersih. Selain itu, gigitan nyamuk akan meninggalkan kemerahan dan rasa gatal. Beberapa jenis nyamuk juga menimbulkan penyakit berbahaya.

Perlu adanya, kita siap siaga untuk mencegah kedatangan nyamuk yang jelas sangat menganggu ini. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah nyamuk. Mulai dari rutin membersihkan lingkungan hingga menanam tanaman pengusir nyamuk.

Dilansir dari www.gardenista.com, tanaman pengusir nyamuk dianggap sebagai pahlawan taman. Pahlawan ini terdiri dari bunga dengan berbagai warna dan rempah-rempah yang mengandung wewangian. Beragam tanaman ini memiliki manfaat ganda sebagai pengusir nyamuk dan aromaterapi yang mampu menenangkan manusia. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias yang mempercantik rumah.

Tanaman pengusir nyamuk akan lebih baik jika ditanam di teras atau pun di samping meja kerja agar memperoleh manfaat optimal. Berikut adalah lima tanaman pengusir nyamuk!

1. Lavender

Tentu kita pernah menjumpai produk lotion anti-nyamuk yang mengandung lavender, bukan? Nah, tanaman satu ini memang memiliki aroma kuat yang dapat mengusir nyamuk. Biasanya minyak yang berasal dari lavender akan disuling dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi atau esense.

Lavender memang telah teruji mampu memberikan efek terapi dengan aromanya. Dilansir dari Yorkcountry, lavender memiliki aroma yang membuat nyamuk dan serangga lainnya tidak tahan.

Tanaman yang memiliki nama latin Lavandula Angustifolia ini ternyata mudah sekali tumbuh sehingga dibutuhkan upaya yang sering untuk merapikan cabang-cabangnya. Jika cabang tidak dirapikan, maka akan menghambat tumbunya tunas baru.

2. Basil

Basil merupakan tanaman yang berasal dari Italia. Tanaman satu ini masih satu keluarga dengan mint dan kemangi. Basil dan kemangi yang sama-sama digunakan sebagai pemanis hidangan ini, ternyata juga memiliki peran sebagai tanaman pengusir nyamuk. Basil memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya.

Aroma yang muncul dari basil membuat nyamuk dan serangga lain memilih untuk menghindarinya. Basil mampu menghasilkan anti-nyamuk alami yang sangat baik.

3. Citronella

Tanaman pengusir nyamuk satu ini sudah banyak digunakan sebagai bahan utama lotion atau pun obat anti-nyamuk. Dihimpun dari Yorkcountry, citronella memiliki aroma yang kuat dan khas sehingga mampu membuat nyamuk dan serangga menghindarinya.

Kandungan minyak dalam citronella memiliki konsentrasi tinggi antioksidan dan fitokimia. Selain sebagai pengusir nyamuk, kandungan minyak citronella bisa digunakan untuk mengobati infeksi dan ruam.

4. Geranium

Geranium beraroma atau scented geranium merupakan tanaman pengusir nyamuk yang memiliki banyak wewangian. Disebutkan dalam Gardenista, geranium memiliki wewangian bervariasi dan eksotis. Wangi yang berasal dari geranium membuat nyamuk tidak tahan.

Selain itu, wewangian ini juga mampu mendatangkan ketenangan diri sehingga geranium juga berfungsi sebagai aromaterapi. Ketika daun geranium digosok di antara jari akan keluar aroma lemon, coklat, almon, apel atau pun mawar.

Geranium bisa diletakkan di sudut ruangan, dekat jendela, maupun di dekat pintu masuk. Dengan begitu, nyamuk tidak akan mendekat karena aroma yang dikeluarkan geranium sangat dihindari oleh nyamuk. Selain itu juga berfungsi memperindah ruangan.

5. Horsemint

Horsemint merupakan tanaman pengusir nyamuk yang mirip dengan sereh. Cara kerja horsemint dalam mengusir nyamuk adalah dengan mengeluarkan aroma kuat. Dilansir dari Yorkcountry, horsemint mengeluarkan aroma seperti dupa yang dapat menutupi bau lainnya sehingga membingungkan nyamuk.

Pertumbuhan horsemint cukup cepat dan biasa ditanam di pot. Daun horsemint juga bisa dikeringkan dan dimanfaatkan untuk membuat teh herbal.

Kehadiran nyamuk memang sangat menganggu. Mari cegah kehadiran nyamuk dengan sering membersihkan lingkungan dan menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti yang telah disebutkan di atas.


Baca juga artikel terkait NYAMUK atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Agung DH

DarkLight