UEFA Nations League 2022

Statistik Adam Szalai di Laga Jerman vs Hungaria, Klub, & Profilnya

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 24 Sep 2022 17:52 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Statistik Ádám Szalai di laga Jerman vs Hungaria dan karier di klub serta tim nasional.
tirto.id - Statistik Ádám Szalai di laga Jerman vs Hungaria dalam pertandingan UEFA Nations League (UNL) 2022/2023 matchday 5 cukup menarik untuk dicermati. Striker Timnas Hungaria milik klub Swiss, FC Basel, ini dinobatkan sebagai man of the match versi UEFA dalam pertandingan tersebut.

Jerman menjamu Hungaria di Red Bull Arena pada Sabtu (24/9/2022) dini hari WIB. Namun, tim panser justru harus mengakhiri laga UNL 2022/2023 Grup 3 Liga A tersebut dengan kekalahan di depan publiknya sendiri. Gol indah Ádám Szalai pada menit 17 membawa Hungaria memetik kemenangan atas tuan rumah.

Hasil 0-1 untuk Hungaria berkat gol Ádám Szalai, membuat rekor tak terkalahkan Timnas Jerman selama 11 laga bersama pelatih Hansi Flick terhenti. Terakhir kali Der Panzer kalah adalah di babak 16 besar EURO 2020 dengan skor 4-1 dari Inggris.


Gol Ádám Szalai juga mengantarkan Hungaria memimpin klasemen sementara Grup 3 Liga A UNL 2022/2023. Tim berjuluk The Magyars saat ini mengumpulkan 10 poin dari 4 laga, sekaligus menjaga peluang lolos ke semifinal.

Sementara Jerman di lain berada di peringkat 3 klasemen Grup 3 Liga A UNL 2022/2023. Kekalahan Der Panzer atas Hungaria di kandang sendiri sekaligus memupuskan harapan tim besutan Hansi Flick untuk lolos ke babak berikutnya.


Statistik Ádám Szalai di Laga Jerman vs Hungaria UNL 2022/2023

Aktor utama dari keberhasilan Hungaria mengalahkan Jerman di matchday 5 UNL 2022/2023 adalah Ádám Szalai. Tidak hanya mencetak gol kemenangan The Magyars, penyerang 34 tahun tersebut juga membantu timnya mempertahankan keunggulan.

Sejak Ádám Szalai membawa Hungaria unggul 0-1 di menit 17, pertahanan mereka terus digempur oleh Jerman. Beruntung, tim besutan Marco Rossi mampu menjaga skor tersebut hingga laga usai.

"Dia [Ádám Szalai] benar-benar layak mendapatkan semua pujian untuk kemenangan Hungaria [atas Jerman]. Kami bermain bagus dan unggul di babak pertama, sementara di babak kedua kami harus bertahan sangat dalam," kata Marco Rossi.

Meskipun situasi di lapangan tidak menguntungkan untuk Hungaria, tetapi Ádám Szalai tetap mampu memberikan dampak positif. Sebagai pemain depan, dia berhasil menjadi pemain pertama yang melakukan transisi dari menyerang ke bertahan.


Dari catatan Whoscored, Ádám Szalai melakukan 2 tekel sukses serta 6 kali menggagalkan upaya serangan yang dibangun oleh Jerman. Cara defensifnya pun cukup bagus untuk ukuran pemain yang berposisi asli sebagai striker.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan, Ádám Szalai mengaku senang timnya bisa mengalahkan Jerman. Dia pun ingin Hungaria, tampil lebih baik di laga-laga selanjutnya dan bisa meraih prestasi terbaik.

Dengan kerja keras yang dilakukan oleh Hungaria, pemain yang kini memperkuat FC Basel tersebut yakin The Magyars, bisa menjadi salah satu tim kuat di dunia.

"Saya sangat bangga bahwa kami mampu mengalahkan Jerman. Sebelumnya, kami juga menang atas Inggris. Ini adalah hasil yang kami dapat berkat kerja keras yang dilakukan tim setiap hari," kata Ádám Szalai, dikutip dari laman resmi UEFA.

Gol Ádám Szalai ke gawang Jerman menjadi torehan gol ke-26 yang dia ciptakan untuk Hungaria sebagai pemain senior. Pemain yang menjalani debut pada 11 Februari 2009 tersebut saat ini sudah membuat 85 penampilan bersama The Magyars.


Profil Ádám Szalai: Karier Klub dan Timnas

Ádám Szalai saat ini berusia 34 tahun. Ia telah memperkuat Timnas Hungaria sejak 2009 dengan mengoleksi 85 caps dan 26 gol sejauh ini. Sebelum masuk timnas senior, pemain kelahiran Budapest tanggal 9 Desember 1987 ini juga membela Timnas Hungaria U20 dan U21.

Di level klub, Ádám Szalai kini membela klub Swiss, FC Basel, sejak direkrut dari Mainz (Jerman) pada 16 Februari 2022 lalu. Dari 16 laga yang dimainkan bersama FC Basel, Ádám Szalai telah mencetak 4 gol.

Ádám Szalai ternyata pernah memperkuat Real Madrid B pada 2007 hingga 2010 dengan torehan 23 gol dari 79 penampilan. Namun, ia tidak sempat membela skuad utama Los Blancos lantaran dipinjamkan ke Mainz pada 2010 yang kemudian merekrutnya secara permanen.

Selain Real Madrid di Spanyol dan Mainz serta kini membela FC Basel, Ádám Szalai juga pernah bermain untuk sejumlah klub Jerman seperti VfB Stuttgart, Schalke 04, 1899 Hoffenheim, hingga Hannover 96.

Biodata Ádám Szalai

Nama Lengkap: Ádám Csaba Szala
Tempat Lahir: Budapest, Hungaria
Tanggal Lahir: 9 Desember 1987
Tinggi Badan: 1,93 cm
Posisi Bermain: Penyerang
Klub Saat Ini: FC Basel
Jumlah Caps Senior: 85 (26 gol)


Baca juga artikel terkait DM SZALAI atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama


Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight