Profil Brasil di Piala Dunia 2022 & Jadwal: Samba Incar Gelar ke-6

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 23 Sep 2022 14:52 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Profil Brasil di Piala Dunia 2022 cukup impresif jika berkaca dari kedalaman skuad Tim Samba. Jadwal Brasil di Qatar mulai 25 November 2022 kontra Serbia.
tirto.id - Profil Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 berstatus sebagai salah satu tim unggulan untuk meraih gelar di Qatar. Tim Samba merupakan negara paling sukses di ajang 'pesta bola' ini dengan mengoleksi 5 trofi. Mereka pun mengincar gelar ke-6 di Piala Dunia 2022.

Brasil menjadi salah satu dari 4 wakil Amerika Selatan (CONMEBOL) di Piala Dunia 2022. Sepanjang babak kualifikasi Tim Samba mencatat hasil impresif dengan mengumpulkan 14 kemenangan dan 3 hasil imbang tanpa pernah mengalami kekalahan dalam 17 laga.

Bersama Argentina, Brasil menjadi tim yang tidak terkalahkan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL. Bahkan, Neymar Jr. dan kawan-kawan menjadi tim paling produktif dengan mencetak 40 gol dan hanya kebobolan 5 gol dalam 17 laga.

Penampilan impresif Brasil tidak terlepas dari kualitas pemain yang mereka miliki. Tim Samba memiliki pemain-pemain hebat seperti Neymar Jr., Vinicius Jr., hingga bintang anyar Manchester United, Anthony, di lini depan mereka.

Selain itu, sejumlah pemain senior seperti Thiago Silva, Marquinhos, Roberto Firmino, Casemiro, hingga Fabinho, juga masih mengisi skuad Brasil di Piala Dunia 2022. Kombinasi pemain muda berkualitas serta pemain senior pun membuat Brasil memiliki peluang untuk meraih gelar yang terakhir mereka raih di tahun 2002.


Piala Dunia 2022: Brasil Incar Gelar ke-6


Brasil mengincar gelar trofi ke-6 di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada bulan November-Desember mendatang. Tim Samba pun memiliki peluang yang besar, terutama karena memiliki skuad yang merata di berbagai lini.

Di saat bersamaan negara-negara unggulan seperti Spanyol, Inggris, Jerman, Belgia, Argentina, hingga juara bertahan Perancis memiliki komposisi pemain yang menurun dibanding Piala Dunia 2018.

Spanyol, meski memiliki banyak pemain muda potensial, tetapi kesulitan mencetak gol di beberapa laga terakhir. Bahkan, pelatih Luis Enrique, acapkali melakukan bongkar pasang pemain di barisan depan untuk menemukan formula terbaik.

Sementara juara bertahan Perancis, mengalami banyak masalah non-teknis, seperti cedera, dan ego pemain. Sedangkan Inggris, masih belum cukup matang, dan Belgia, banyak pemainnya sudah melewati performa terbaiknya.

Hal tersebut berbeda dengan Brasil, yang memiliki banyak talenta baru, seperti Anthony di lini depan, Bruno Guimaraes di lini tengah, serta Gleison Bremer dan Roger Ibanez yang mulai menunjukkan kematangan bersama klubnya masing-masing.

Oleh karenanya, dibanding kontestan lain di Piala Dunia 2022, Brasil menjadi tim yang tidak banyak memiliki masalah. Apalagi, sejak kalah dari Argentina di final Copa America 2021, Tim Samba mencatat 13 laga tanpa kekalahan di semua ajang.

Performa Brasil di Piala Dunia terakhir pun tidak terlalu buruk, walaupun tidak juga bagus. Pasalnya, mereka selalu mampu menang meyakinkan saat menghadapi tim non-unggulan, tetapi kesulitan saat bertemu sesama tim kuat.

Di Piala Dunia 2018, misalnya, Brasil hanya kebobolan 1 gol sepanjang fase grup dan berhasil keluar sebagai juara grup tanpa kekalahan. Di babak 16 besar, Tim Samba juga mampu menumbangkan Meksiko 2-0. Namun, saat bertemu tim kuat seperti Belgia, Neymar Jr. kalah dengan skor 1-2.

Di Piala Dunia 2022 Brasil yang tergabung di Grup B bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun, diprediksi melaju ke fase gugur tanpa masalah. Akan tetapi, saat memasuki babak perempat final, mental Brasil bakal diuji.


Jadwal Brasil di Grup G Piala Dunia 2022


Berikut ini adalah jadwal Timnas Brasil di penyisihan grup Piala Dunia 2022. Tim Samba akan mulai bermain pada 25 November 2022 dengan menghadapi Serbia di laga pertama Grup G.

  • 25 November 2022 pukul 02.00 WIB Brasil vs Serbia
  • 28 November 2022 pukul 23.00 WIB Brasil vs Swiss
  • 3 Desember 2022 pukul 02.00 WIB Kamerun vs Brasil

Daftar Pemain Timnas Brasil Jelang Piala Dunia 2022


Berikut ini daftar skuad timnas Brasil jelang bergulirnya Piala Dunia 2022 di Qatar.

  • Penjaga Gawang: Alisson Becker (Liverpool), Ederson Moraes (Manchester City), Weverton (Palmeiras);
  • Bek: Gleison Bremer (Juventus) Alex Sandro (Juventus), Danilo (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Roger Ibanez (AS Roma), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea), Alex Telles (Sevilla);
  • Gelandang: Bruno Guimaraes (Newcastle United), Casemiro (Manchester United), Fred (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Lucas Paqueta (West Ham United);
  • Penyerang: Antony (Manchester United), Roberto Firmino (Liverpool), Matheus Cunha (Atletico Madrid), Neymar Jr. (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham Hotspur), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Jr. (Real Madrid).


Profil Brasil di Piala Dunia 2022


Berikut ini rangkuman profil Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

  • Prestasi Terbaik: Juara pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.
  • Penampilan di Piala Dunia: 21 kali (pertama kali pada tahun 1930).
  • Prestasi Terakhir: Perempat Final Piala Dunia 2018
  • Rekor di Piala Dunia: 109 kali bermain, 73 menang, 18 seri, 18 kalah. Mencetak 229 gol, kebobolan 105 kali.
  • Pemain Bintang: Neymar Jr. Vinicius Junior, Marquinhos, Thiago Silva (Kapten).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis

DarkLight