Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 - Bintang City Absen Bela Timnas Inggris di Qatar?

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 20 Sep 2022 11:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jelang Piala Dunia 2022, pemain Manchester City Kalvin Philips berpotensi absen membela Timnas Inggris karena cedera bahu.
tirto.id - Pemain Manchester City Kalvin Philips berpotensi absen membela Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar, karena cedera bahu. Gelandang 26 tahun tersebut bisa menepi lebih lama apabila harus melakukan prosedur operasi.

Sejak pindah ke Manchester City dari Leeds United pada awal musim 2022/2023, Kalvin Philips belum pernah berkesempatan tampil di Liga Inggris. Secara total, pemain Timnas Inggris tersebut baru bermain 13 menit pada laga uji coba melawan Barcelona, lalu mengalami cedera pada 25 Agustus 2022.

Kalvin Philips menjalani perawatan dan berhasil pulih tanpa melakukan prosedur operasi. Akan tetapi usai bergabung dengan tim, dia kembali mengalami cedera dalam persiapan laga lanjutan Liga Inggris antara Wolves vs Manchester City di Stadion Molineux.


Situasi tersebut lantas membuat Kalvin Philips tidak masuk dalam skuad Manchester City yang kemudian menang 0-3 pada laga tersebut. Usai pertandingan, pelatih The Citizens Pep Guardiola mengatakan pemain 26 tahun tersebut mengalami cedera bahu dan terpaksa absen beberapa laga.

Guardiola menyebut Kalvin Philips bisa segera kembali bermain apabila tidak perlu melakukan operasi. Namun, jika tim medis mengatakan ia harus operasi, maka membutuhkan waktu yang lama untuk masa pemulihan dan diperkirakan absen di Piala Dunia 2022 yang akan digelar November-Desember 2022.

"Saya tidak tahu berapa lama dia akan absen. Saya bukan dokter, tetapi dengan penanganan yang baik, saya yakin Kalvin Philips bisa bermain di Piala Dunia 2022," kata Pep Guardiola, dikutip dari laman resmi klub.

"Dokter tim mengatakan satu-satunya solusi saat ini ada di tangan Kalvin Philips. Dia harus memutuskan [untuk melakukan operasi atau tidak]," tambah pelatih yang membawa Manchester City meraih 4 gelar Liga Inggris tersebut.



Kalvin Philips Absen Bela Timnas Inggris di UNL 2022

Sementara itu, Kalvin Philips juga dipastikan absen membela Timnas Inggris di UEFA Nations League (UNL) 2022. Sepanjang jadwal September 2022, The Three Lions dijadwalkan menghadapi Italia dan Jerman.

Dikutip dari Reuters, Kalvin Philips sejatinya masuk dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate untuk menghadapi Italia dan Jerman. Tapi cedera bahu yang dia alami membuat pemain 26 tahun tersebut dicoret dari skuad The Three Lions.


Dengan absennya Kalvin Philips, pelatih Gareth Southgate bakal mencoba pemain lain untuk berduet dengan Declan Rice. Pasalnya duet Philips dan Rice merupakan kekuatan utama Timnas Inggris dalam beberapa kejuaraan terakhir, terutama saat EURO 2020.

Saat ini sejumlah nama gelandang masuk dalam daftar skuad Timnas Inggris untuk laga UNL 2022. Di antaranya terdapat: Eric Dier, Jude Bellingham, dan James Ward-Prowse yang dapat dicoba untuk berduet dengan Declan Rice di lini tengah.

Sementara itu sejumlah pemain Manchester City seperti Phil Foden, Jack Grealish, Kyle Walker, dan John Stones juga masuk dalam skuad Timnas Inggris untuk laga UNL 2022 kontra Italia dan Jerman.

Nama-nama tersebut diperkirakan menjadi bagian Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar, pada November-Desember 2022. The Three Lions dijadwalkan mengadapi Iran saat laga pertama, pada 21 November 2022.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Oryza Aditama

DarkLight