Jadwal Timnas Amputasi Indonesia Piala Dunia 2022 Mulai 1 Oktober

Kontributor: Wan Faizal, tirto.id - 23 Sep 2022 15:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini jadwal timnas amputasi Indonesia di Piala Dunia Amputee 2022 disertai dengan pembagian grup dan lawan tim Merah-Putih di Grup C.
tirto.id - Jadwal Timnas Amputasi Indonesia di Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 1 Oktober 2022 mendatang. Turnamen tersebut rencananya akan digelar di Turki pada tanggal 1-9 Oktober 2022.

Partisipasi Indonesia di ajang ini tentu menjadi hal yang membanggakan. Meski secara kans terbilang kecil, tekad kuat untuk membanggakan bangsa menjadi sesuatu yang harus diperjuangkan.

Indonesia bergabung di Grup C Piala Dunia Amputasi 2022 bersama Argentina, Inggris, dan Amerika Serikat. Secara kualitas, Indonesia jelas tak bisa dibandingkan dengan ketiga negara tersebut.

Inggris menjadi negara tersukses di Grup C dengan capaian dua kali menjadi juara, yakni pada tahun 1988 dan 1989. Inggris juga pernah menjadi runner-up tahun 1991 serta merebut medali perunggu tahun 2001 dan 2005.

Prestasi Argentina juga lumayan karena mereka berhasil menjadi runner-up tahun 2010 ketika kalah dari Uzbekistan di final. Argentina sempat merasakan berada di posisi empat tahun 2012 di Rusia.

Sedangkan prestasi terbaik AS adalah menjadi juara ketiga pada 1988. Saat itu AS berstatus sebagai tuan rumah.

Prestasi ketiga negara tersebut tentu tak bisa dibandingkan dengan Indonesia. Namun para pemain tetap bertekad memberikan yang terbaik di ajang ini.

Aditya, kapten Timnas Amputasi Indonesia, mengatakan bahwa ia dan rekan setimnya cukup percaya diri jelang turnamen dimulai. Meski banyak yang mengatakan bahwa Indonesia ada di grup neraka, tetapi Aditya meminta rekan setimnya tak terlalu pusing dengan keadaan tersebut.

"Saya tidak menganggapnya sebagai grup neraka. Saya yakin teman-teman juga berpikir demikian. Kami yakin bisa mengalahkan mereka meski mereka punya lebih banyak pengalaman," kata Aditya.

Indonesia memang tak perlu khawatir karena dukungan dari Pemerintah Indonesia mengalir deras jelang dimulainya turnamen nanti. Bahkan Presiden Joko Widodo juga memberikan dukungan pada skuad Indonesia yang akan bertanding di Turki nanti.

"Lawan kita secara fisik pasti lebih besar dari kami. Presiden menyampaikan bahwa hal seperti itu tidak boleh menjadi beban. Tapi bukan berarti kita bermain tanpa target karena mereka membawa nama bangsa," ucap Menpora Zainudin Amali.

"Tentu kami juga memberikan dukungan penuh mulai dari pemusatan latihan hingga keberangkatan ke Turki. Secara spontan Bapak Presiden memberi uang saku pada pemain dan ofisial tim," lanjut Menpora.

Indonesia sendiri lolos ke putaran final Piala Dunia Amputasi 2022 setelah menjadi runner-up di babak kualifikasi zona Asia Timur. Indonesia sempat menang 8-0 atas Bangladesh dan 3-0 kontra Malaysia. Di laga terakhir, Indonesia harus menyerah 0-2 dari Jepang.


Jadwal Timnas Indonesia di Piala Dunia Amputasi 2022


Berikut jadwal Timnas Indonesia di Grup C Piala Dunia Amputasi 2022:

  • Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 18.00 WIB: Argentina vs Indonesia
  • Minggu, 2 Oktober 2022 pukul 18.30 WIB: Inggris vs Indonesia
  • Senin, 3 Oktober 2022 pukul 20.30 WIB: Amerika Serikat vs Indonesia

Pembagian Grup Piala Dunia Amputasi 2022


Berikut adalah hasil drawing Piala Dunia Amputasi 2022:

  • Grup A: Turki, Haiti, Perancis, Liberia
  • Grup B: Meksiko, Jepang, Kolombia, Jerman
  • Grup C: Inggris, Argentina, AS, Indonesia
  • Grup D: Brasil, Irlandia, Iran, Maroko
  • Grup E: Polandia, Spanyol, Uzbekistan, Tanzania
  • Grup F: Angola, Italia, Uruguay, Irak


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA AMPUTASI 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis

DarkLight