Jadwal Piala Dunia Amputasi

Jadwal Piala Dunia Amputee 2022 & Drawing Grup Timnas Indonesia

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 1 Agu 2022 11:32 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Piala Dunia Amputee 2022 pada 1-9 Oktober. Hasil drawing Timnas Indonesia masuk Grup C bersama Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.
tirto.id - Jadwal Piala Dunia Amputee 2022 akan berlangsung pada 1-9 Oktober 2022 di Turki. Timnas Indonesia yang lolos ke putaran final Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022 tergabung di Grup C, bersama Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia Amputee 2022 sebagai salah satu wakil dari konfederasi Asia. Di babak kualifikasi, Merah-Putih menempati runner up Wilayah Timur. Mereka menggasak 8-0 atas Bangladesh, menang 3-0 dari Malaysia, dan kalah 0-2 atas tim kuat Jepang.

Indonesia menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang akan tampil di Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022. Sementara itu, secara keseluruhan, terdapat 4 wakil Asia. Selain Indonesia, ada Jepang, Iran, dan Irak.

Untuk persiapan, Timnas Amputasi Indonesia telah melakukan persiapan di Sports Club Arena Mansion, Jakarta Selatan. Selanutnya, mereka dijadwalkan berangkat ke Turki pada akhir September 2022.

Di babak grup, Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina, Inggris, dan Amerika Serikat yang sudah berpengalaman tampil di Piala Dunia Amputee.

Inggris tercatat 3 kali menempati peringkat 3 pada Piala Dunia Amputee, yakni di edisi 1988, 2001, dan 2005. Sementara Argentina dan Amerika Serikat pernah menjadi runner up sebanyak 1 kali.

Adapun Timnas Indonesia bakal tampil di Piala Dunia Amputee untuk pertama kalinya di tahun 2022. Oleh karena itu, Aditya dan kawan-kawan tidak memiliki target yang muluk, tetapi diharapkan mampu meraih prestasi terbaik.

Kendati berada di grup yang sulit, Timnas Amputee Indonesia diharapkan mampu lolos ke fase gugur. Untuk melakukannya, Aditya dan kawan-kawan minimal harus meraih 1 kemenangan di babak grup melawan Argentina, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pada edisi terakhir yang berlangsung pada tahun 2018, Angola berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Turki di final. Tim asal Afrika tersebut bakal kembali berpartisipasi di Piala Dunia Amputasi 2022 dan akan tergabung di Grup F, bersama dengan Italia, Uruguay, dan Irak.

Sementara Uzbekistan, menjadi negara Asia paling sukses di Piala Dunia Amputee. Mereka tercatat 3 kali meraih gelar juara secara beruntun pada edisi 2007, 2010, dan 2012.


Hasil Drawing Piala Dunia Amputee 2022


Berikut ini adalah hasil drawing penyisihan grup Piala Dunia Amputee 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Turki, pada 1-9 Oktober 2022.

Grup A
Turki, Haiti, Perancis, Liberia

Grup B
Meksiko, Jepang, Kolombia, Jerman

Grup C
Inggris, Argentina, Amerika Serikat, Indonesia

Grup D
Brasil, Irlandia, Iran, Maroko

Grup E
Polandia, Spanyol, Uzbekistan, Tanzania

Grup F
Angola, Italia, Uruguay, Irak


Format Piala Dunia Amputasi 2022


Terdapat 24 tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia Amputasi 2022. Mereka dibagi ke dalam 6 grup, dengan tiap-tiap grup diisi oleh 4 tim. Babak penyisihan grup menggunakan format round robin. Artinya, 4 tim dalam grup tersebut akan saling bertemu.

Dua tim dengan poin terbanyak, atau juara dan runner-up grup, berhak lolos otomatis ke 16 besar Piala Dunia Amputee 2022. Total terdapat 12 tim yang lolos otomatis. Sementara itu, 4 tim yang berposisi peringkat 3 terbaik, juga berhak melaju ke babak 16 besar.

Total 16 tim yang lolos ke 16 besar akan bertarung dengan format sistem gugur hingga babak final.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight