Sri Mulyani Optimistis BI akan Turunkan Suku Bunga Acuan

Oleh: Hendra Friana - 12 Juni 2019
Sri Mulyani optimistis BI akan menurunkan suku bunga acuan dan melakukan penyesuaian pada kebijakan makroprudensial demi menjaga stabilitas perekonomian domestik.
tirto.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis Bank Indonesia (BI) akan menurunkan suku bunga acuan (BI 7 Day Repo Rate) di tengah risiko perlemahan ekonomi global.

Sri Mulyani mengatakan penyesuaian tersebut perlu dilakukan untuk memitigasi dampak buruk faktor eksternal terhadap stabilitas ekonomi domestik.

"Saya rasa BI juga akan melakukan adjustment atau penyesuaian stance monetary policy-nya. Bagaimana BI akan melakukan, saya tentu hormati BI," ujar Sri Mulyani di kantor BPK RI, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

Sri Mulyani menambahkan BI juga akan melakukan penyesuaian pada kebijakan makroprudensial demi menjaga stabilitas perekonomian domestik.

"Mereka (BI) akan gunakan policy suku bunga maupun policy makroprudential. Dua-duanya sangat berguna bagi ekonomi kita. Jadi saya hormati dan kita tunggu keputusan itu," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bakal membuka ruang kebijakan moneter yang akomodatif, sejalan dengan rendahnya inflasi dan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Perry bilang, arah kebijakan akomodatif itu akan diambil dengan memperhatikan perkembangan kondisi pasar keuangan global dan stabilitas perekonomian.

“BI akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian Indonesia, dalam mem­pertimbangkan terbukanya ruang kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya men­dorong ekonomi dalam negeri,” kata Perry di gedung DPR pada Senin kemarin (11/6/2019).


Baca juga artikel terkait SUKU BUNGA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Addi M Idhom