Sinopsis Film Detroit: Tentang Isu Rasial yang Memecah Amerika

Oleh: Versatile Holiday Lado - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Detroit yang akan tayang pada 21 Januari 2021 di Bioskop Trans TV.
tirto.id - Film Detroit akan tayang pada 21 Januari 2021 di Bioskop Trans TV. Apabila tidak ada perubahan pada waktu penayangan, film ini akan tayang pada pukul 23.30 WIB.

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Detroit, Amerika Serikat pada tahun 1967, yang mana merupakan kisah isu rasial yang memecah masyarakat Amerika.

Detroit merupakan potret dari peristiwa nyata, penggerebekan polisi di Algiers Motel di Detroit tahun 1967 yang mengakibatkan kematian tiga pemuda kulit hitam dan pemukulan sembilan orang lainnya, termasuk dua wanita kulit putih.

Pada Juli 1967, Departemen Kepolisian Detroit melakukan penggerebekan di klub yang tidak memiliki izin selama perayaan pengembalian veteran kulit hitam dari Perang Vietnam. Saat tersangka ditangkap, massa membentuk dan mulai melempar batu ke petugas sebelum menjarah toko terdekat dan memulai kebakaran, yang menyebabkan terjadi kerusuhan di Jalan ke-12.

Dengan otoritas negara bagian, perwakilan terpilih, dan bahkan layanan darurat yang tidak dapat mempertahankan ketertiban apa pun, Gubernur George W. Romney memberi wewenang kepada Pengawal Nasional Angkatan Darat Michigan dan Presiden Lyndon B. Johnson memberi wewenang kepada pasukan terjun payung Angkatan Darat untuk memasuki Detroit untuk memberikan bantuan.

Pada hari kedua kerusuhan, dua polisi mengejar seorang penjarah yang melarikan diri. Salah satunya, Philip Krauss, membunuh pria itu dengan senapan tanpa perintah, tetapi diizinkan untuk tetap bertugas sampai atasannya dapat memutuskan apakah akan mengajukan dakwaan pembunuhan.

Polisi dan penduduk kulit hitam Detroit tampaknya terus-menerus berada dalam keadaan konflik, sebagian besar disebabkan oleh sikap polisi yang bias dan berat terhadap orang Afrika-Amerika.

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Chris Chalk, Mason Alban, Bennett Deady, Andrea Eversley dan sejumlah pemain lainnya.

Detroit disutradarai oleh Kathryn Bigelow, sutradara wanita yang juga menggarap berbagai film seperti The Hurt Locker (2008) dan Zero Dark Thirty (2012).

Film ini rilis perdana pada tahun 2017 di kota yang sama, Detroit. Film yang berdurasi penayangan 2 jam 23 menit ini meraih rating 7,3 dari 48.048 pengguna situs IMDb dengan


Baca juga artikel terkait SINOPSIS DETROIT atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Film)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight