Sidak PPKM Mikro, Jokowi: Percuma Ada Policy, tapi Bawah Tak Jalan

Oleh: Andrian Pratama Taher - 25 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi melakukan inspeksi mendadak (sidak) PPKM Mikro ke daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6/2021).
tirto.id - Presiden Jokowi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6/2021). Jokowi mengaku kunjungan kali ini sebagai upaya memastikan pelaksanaan PPKM mikro di lapangan. Ia pun sempat berbincang dengan warga dan pihak RW 01 Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta.

"Jadi memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM mikro itu berjalan atau tidak berjalan," kata Jokowi saat memberikan keterangan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6/2021).

Jokowi mengaku, dirinya mendengar penjelasan komprehensif dalam pelaksanaan dari RW 01 Rawasari, Cempaka Putih.

Mantan Wali Kota Surakarta itu ingin agar daerah lain ikut menerapkan PPKM mikro seperti RW 01 Rawasari. Ia ingin agar semua kepala daerah dibantu TNI-Polri membantu pelaksanaan PPKM mikro.

"Saya minta betul gubernur, bupati, walikota di seluruh Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dibantu oleh pangdam, kapolda, di tingkat bawah danrem, dandim, kapolres, menggerakkan babinsa, babinkamtibnas untuk mendampingi pemda, mendampingi kelurahan, mendampingi RW, dalam rangka pelaksanaan PPKM Mikro," tegas Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan, penanganan COVID-19 saat ini lebih mengutamakan langkah nyata. Ia ingin pelaksanaan PPKM mikro berjalan karena kebijakan sebagus apapun tidak akan berguna jika tidak dilaksanakan dengan baik.

"Yang diperlukan sekarang ini adalah tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan berjalan atau tidak berjalan. Percuma kita membuat sebuah kebijakan policy tetapi di bawah tidak berjalan," kata Jokowi.

"Saya senang datang mendadak seperti ini juga saya lihat Bu RW kelihatan cara menjawab kelihatan siap, pak lurah juga saya lihat, tapi ini yang kita harapkan di semua provinsi juga berjalan seperti ini sehingga keyakinan itu lah yang akan kita pakai dalam rangka kebijakan-kebijakan selanjutnya," tegas Jokowi.


Baca juga artikel terkait PPKM MIKRO atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight