Shalat Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19

Seorang Panitia menggunakan APD lengkap saat memantau kondisi warga dalam pelaksanaan Shalat Id di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020). Warga di kawasan tersebut melaksanakan Shalat Idul Fitri 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, sarung tangan, disemprot disinfektan serta pemberian batas dan jarak guna mengurangi resiko terpapar virus COVID-19. ANTARA FOTO/Aji Styawan.
Sejumlah warga mendengarkan khotbah saat melaksanakan shalat Id di pekarangan rumahnya Desa Muntung, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (24/5/2020). Sebagian masyarakat mematuhi himbauan pemerintah dengan malaksanakan shalat Id di rumah pada perayaan Idul Fitri tahun ini guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Anis Efizudin.
Sebuah keluarga melaksanakan solat Idul Fitri di rumah untuk menghindari kerumunan, dampak dari COVID-19 di Jakarta, pada Minggu (24/5/20). tirto.id/Hafitz Maulana
Sejumlah warga Desa Bokoharjo Prambanan menggelar Sholat Idul Fitri 1441 H di jalanan kampung. tirto.id/Riva
Umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di lantai atas indekos kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (24/5/2020). Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah berjemaah yang dilakukan di rumah dengan jumlah yang terbatas tersebut sesuai imbauan pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19 dan memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.
Warga mengikuti shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Pathok Negoro Ploso Kuning, Minomartani, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (24/5/2020). Ratusan warga di sekitar Masjid Cagar Budaya Pathok Negoro Ploso Kuning melaksanakan shalat Idul Fitri dengan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak fisik untuk menghindari penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah.
Umat muslim melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Masjid Besar Al Hidayah, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Minggu (24/5/2020). Sejumlah masjid di Sidoarjo tetap melaksanakan Shalat Idul Fitri dengan protokol kesehatan meski pemerintah menghimbau untuk melaksanakannya di rumah di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Perbandingan suasana Idul Fitri tahun 2019 dengan tahun 2020 yang sepi aktivitas di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar, Bali, Minggu (24/5/2020). Shalat Idul Fitri 1441 H di ruang publik di Bali untuk tahun ini ditiadakan dan umat Islam melakukannya di rumah masing-masing dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo.
Pada masa pandemi seperti saat ini, pemerintah bersama MUI menghimbau agar shalat Id dilakukan di rumah masing-masing untuk mencegah kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit virus corona.
24 Mei 2020
Tahun ini, umat Islam merayakan Idul Fitri yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Pada masa pandemi seperti saat ini, pemerintah bersama MUI menghimbau agar shalat Id dilakukan di rumah masing-masing untuk mencegah kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit virus corona.

Namun, sejumlah pemerintah daerah yang berada di zona hijau mengizinkan penyelenggaraan shalat Id bersama-sama. Pelaksanaan Shalat Id tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan, penggunaan masker sebagai alat pelindung diri, serta menjaga jarak saf antara jamaah sebagai bentuk penerapan physical distancing.

Infografik Instagram
DarkLight