SBMPTN 2018: Jadwal & Tata Cara Daftar Ulang Mahasiswa Baru di USU

Oleh: Yuliana Ratnasari - 4 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus di USU lewat jalur SBMPTN 2018 diminta melakukan pengisian UKT/SPP online pada 4-11 Juli.
tirto.id - Hasil penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN 2018 telah diumumkan pada 3 Juli lalu. Sebanyak 3.275 mahasiswa baru dinyatakan lolos dan diterima di Universitas Sumatera Utara (USU).

"Dari 3.275 mahasiswa yang lulus itu, yakni 1.805 orang kelompok ujian saintek (IPA), dan 1.475 orang dari kelompok soshum (IPS)," kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, di Medan, Selasa (3/7/2018), seperti dikutip dari situs web
usu.ac.id.

Runtung menyatakan bahwa peminat yang memilih USU, baik pilihan satu, dua dan tiga, meningkat bila dibandingkan tahun 2017. "Tahun ini, tercatat 43.044 orang yang memilih IPA dan 31.860 siswa yang memilih IPS," kata Runtung.

Ia mengatakan, untuk program studi yang paling banyak diminati pada kelompok IPA adalah Prodi Agrobisnis dan Program Studi Hukum untuk kelompok IPS.

Kepada seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus agar dapat melakukan pengisian UKT/SPP online pada 4-11 Juli 2018. "Kemudian, pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan dilakukan pada 24-27 Juli 2018 di kampus USU," ucapnya.

Sebelum melakukan pendaftaran ulang, peserta diminta untuk melakukan beberapa tahap seperti (a) pengisian data dan pembayaran UKT; (b) pemeriksaan bebas narkoba; (c) praregistrasi online; dan (d) pemeriksaan kesehatan.

- Pengisian data UKT dilakukan secara online pada situs web http://uktdatareg.usu.ac.id sejak hari ini sampai 11 Juli mendatang.

-
Selain itu, peserta juga diminta untuk mengirimkan berkas UKT via pos atau diantar langsung ke Biro Akademik USU pada 4-12 Juli. Berkas yang dilampirkan antara lain: slip gaji pihak yang membiayai; Surat Keterangan Lulus (asli); fotokopi KTP, KK, NPWP, bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir, bukti Pajak Kendaraan Bermotor, tagihan rekening listrik, tagihan rekening air, dan SPT pihak yang membiayai (1 lembar); serta cetak foto tempat tinggal tampak depan (1 lembar).

-
Berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop dan di sudut amplop bagian kanan atas wajib menuliskan nama siswa, nomor ujian, jurusan dan fakultas, serta tulisan “Diterima Jalur SBMPTN 2018” dan “Berkas UKT.”

-
Sementara itu, peserta melakukan pemeriksaan bebas narkoba di Rumah Sakit Pendidikan USU pada 9-13 Juli.

-
Selanjutnya, peserta diharuskan mencetak billing statement yang dapat diunduh dari http://uktdatareg.usu.ac.id pada 18 Juli 2018.

-
Kemudian, dilakukan pembayaran UKT pada 18-23 Juli melalui Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Sumut, dan BTN.

-
Peserta kemudian dapat melakukan praregistrasi online pada 18-23 Juli pada laman http://praregistrasi.usu.ac.id.

-
Sementara pemeriksaan kesehatan diselenggarakan 24-27 Juli, pendaftaran ulang mahasiswa baru USU dilakukan pada 27 Juli.

Runtung menyebutkan, mahasiswa yang lulus, segera melakukan pengisian UKT/SPP sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Jangan sampai tidak mengisi, karena hal itu bisa menggugurkan kelulusan calon mahasiswa," kata Rektor USU itu.

Rektor juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah lulus SBMPTN. "Sedangkan, yang belum lulus jangan putus asa, bisa mencoba jalur Seleksi Mandiri (SMM) USU dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD)," kata Rektor USU.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari