Satgas Sebut Hewan Terinfeksi COVID-19 Tidak Menular ke Manusia

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 5 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Masyarakat yang memelihara hewan kesayangannya tidak perlu takut dan panik.
tirto.id - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan hingga saat ini tidak ada bukti menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi COVID-19 bisa menularkan ke manusia.

"Penting untuk diketahui, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus ke manusia," Wiku melansir dari laman Satgas COVID-19.

Sehingga, menurut Wiku, masyarakat yang memelihara hewan kesayangannya tidak perlu takut dan panik. Namun, ia tetap mengimbau agar masyarakat selalu merawat, menjaga serta memenuhi kesejahteraan hewan peliharaannya.

Selain itu, para pemilik hewan peliharaan yang dinyatakan positif COVID-19, diminta untuk tidak melakukan kontak dengan hewan.

Infografik BNPB Gejala Hewan Peliharaan Terkena Covid 19
Infografik BNPB Gejala Hewan Peliharaan Terkena Covid 19. tirto.d/Quita


Pemilik hewan peliharaan juga diminta untuk mengurangi kontak fisik hewan peliharaannya dengan orang yang belum mendapatkan vaksin COVID-19. Wiku juga mengatakan, bahwa pemilik hewan peliharaan dianjurkan untuk segara membawa hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala.

Sebelumnya, sejak awal pandemi COVID-19, beberapa negara telah melaporkan adanya infeksi Sars-COV2 pada hewan. Hal ini juga termasuk infeksi yang terjadi pada satwa liar. Data Office of International des Epizooties (OIE) selaku organisasi kesehatan hewan dunia, menyatakan secara global, saat ini tercatat 500 kasus pada 10 spesies di 30 negara.

Di Indonesia, dua ekor harimau di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan bernama Tino (9 tahun) dan Hari (12 tahun) terinfeksi COVID-19 pada 15 Juli 2021. Kedua harimau itu dinyatakan positif COVID usai sampel diperiksa di Pusat Studi Satwa Primata Institut Pertanian Bogor (IPB).

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad



Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight