Rekam Jejak Rami Malek Peraih Aktor Terbaik Oscar 2019

Oleh: Adrian Samudro - 25 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rami Malek, pemeran Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody memulai kariernya sebagai pemeran bintang tamu di serial TV Gilmore Girls.
tirto.id - Rami Malek, berhasil meraih penghargaan sebagai "Best Actor" di Oscar 2019, berkat perannya sebagai Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody.

Di ajang tersebut, Rami mengalahkan Christian Bale (Vide), Bradley Cooper (A Star Is Born), Willem Dafoe (At Aternity's Gate), dan Viggo Mortensen (Green Book).

Tak hanya itu, sebelumnya Rami juga berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actor in a Motion Picture-Drama Golden Globe, yang digelar Januari 2019 lalu.

Lalu, seperti apa rekam jejak Rami Malek di industri film Hollywood?

Melansir dari laman IMDb, Rami Said Malek atau yang dikenal Rami Malek merupakan actor Amerika dari keluarga penganut Ortodoks Koptik Mesir.

Dia dibesarkan oleh mendiang ayahnya yang seorang pemandu wisata di Kairo yang beralih menjadi penjual asuransi dan ibunya yang merupakan seorang akuntan, dia juga tinggal bersama saudara kembarnya, Sami, dan seorang kaka perempuan, Yasmine.

Setelah dia mendapat gelar Sarjana Seni Rupa dari Universitas Evansville, Indiana, tahun 2004, Rami memulai karier aktingnya sebagai pemeran bintang tamu di serial TV Gilmore Girls. Di tahun yang sama, dia juga menjadi pengisi suara untuk video game Halo 2.

Pada tahun 2005, dia muncul di sebuah episode serial Medium dan memerankan karakter Kenny dalam serial komedi berjudul The War at Home.

Di tahun berikutnya, Rami memulai debut dalam film Komedi Night at The Museum sebagai Firaun Ahkmenrah dan mengulangi peran yang sama dalam sekuel Night at the Museum: Battle of the Smithsonian (2009) dan Night at the Museum: Secret of the Tomb (2014).

Rami juga pernah membintangi sebagai pemeran pendukung dalam sejumlah seri dan film, termasuk miniseri HBO The Pacific (2010), Larry Crowne (2011), The Master (2012), The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 (2012), film Independen Ain’t Them Bodies Saints (2013) dan film Dramatis Short Term 12 (2013).

Kariernya mulai naik di tahun 2015, ketika dia memerankan seorang peretas pecandu morfin, Elliot Alderson dalam serial drama psikologis USA Network yang berjudul Mr. Robot. Rami Malek.

Penampilannya dalam serial tersebut membuat dia masuk dalam nominasi penghargaan Dorian Award, Satellite Award, IGN Summer Movie Awards, dan Screen Actors Guiild Award.

Berkat aktingnya tersebut, dia memenangkan nominasi Aktor Terbaik dalam Serial Drama dalam Critics Choice Television Award dan penghargaan Primetime Emmy Award untuk nominasi Aktor Terkemuka Terbaik di Serial Drama.

Laman Biography menuliskan, pada 2016, Mr. Robot menjadi sebuah anugrah bagi Rami Malek ketika dia dinominasikan lagi dalam penghargaan Golden Globe Awards.

Pada tahun yang sama, Rami Malek mendapatkan peran utamanya dalam Buster’s Mal Heart yang diitayangkan perdana dalam Toronto International Film Festival.

Disusul dengan perannya bersama Charlie Hunnam dalam pembuatan ulang film kontemporer dari film tahun 1973, Papillon.

Di tahun 2016 juga, Rami Malek diumumkan akan membintangi film Biopic Queen dan Bohemian Rhapsody, yang ditunjuk untuk memerankan Freddie Mercury.

Film yang rilis bulan November 2018 ini berhasil masuk nominasi dalam beragam penghargaan, termasuk Academy Awards (Oscar), Golden Globes, Bafta Awards, dan AACTA International Awards yang membuat Rami Malek memenangkan penghargaan untuk nominasi Aktor Terbaik.

“Saya mungkin bukan pilihan yang tepat, tetapi saya kira ini berhasil,” kata Rami Malek dalam pernyataannya saat meraih piala Oscar.




Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight