Menuju konten utama

Rayakan Hari BBI, Manfaatkan Promo GoSend Tokopedia Hingga Rp20.000

Tokopedia menghadirkan diskon GoSend hingga Rp20 ribu untuk pengiriman instant dan same day.

Rayakan Hari BBI, Manfaatkan Promo GoSend Tokopedia Hingga Rp20.000
Promo Bebas Ongkir Tokopedia. foto/Tokopedia

tirto.id - Tokopedia menghadirkan penawaran menarik mulai dari diskon, Flash Sale hingga 90% dan diskon GoSend Tokopedia hingga Rp20 ribu untuk pengiriman instant dan same day. Promo Tokopedia ini diadakan dalam rangka perayaan Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) 5 Mei 2021.

Masyarakat juga bisa menikmati Promo GoSend dengan menikmati Produk Serba Rp5 ribu, Bebas Ongkir hingga Rp50 ribu dan Cashback hingga Rp600 ribu pada halaman khusus BBI yang menampilkan kurasi produk lokal. Tokopedia Gosend ini menguntungkan para pengguna yang ingin menggunakan jasa pengiriman secara cepat.

Jamak diketahui, Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) tanggal 5 Mei 2021 ini ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tahun ini BBI mengambil tema ‘Semakin Bangga Buatan Indonesia’.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate turut menyatakan, “Penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang.”

BBI di Tokopedia

Penyelenggaraan Hari BBI secara daring ini diadakan hingga 13 Mei 2021, didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, salah satunya Tokopedia. CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengungkapkan, “Penetapan Hari BBI sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat menemukan beragam produk UMKM lokal sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital.”

Dalam rangka Hari BBI ini, ada juga rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller, yang bisa diakses secara gratis agar para pegiat UMKM lokal bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk dan pemasaran, serta dapat berbagi inspirasi atau pengalaman dengan sesama penjual di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.

William pun mengatakan bahwa gerakan nasional BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia.

“Contohnya, Stayhoops dari kategori Fashion di Tokopedia berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat selama Januari 2021 dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI pada Juni 2020,” jelasnya.

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 secara umum mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Riset tersebut juga mengungkapkan tiga provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia, yaitu NTB (144,6%), Sulawesi Tengah (73,4%) dan Sulawesi Selatan (73,3%). Sementara tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2%), Yogyakarta (42,2%) dan DKI Jakarta (28,3%).

“Tokopedia berharap hadirnya Hari Bangga Buatan Indonesia ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal dalam mengembangkan potensi produk asli Indonesia, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia demi pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi,” tutup William.

Banner Bangga Buatan Indonesia

Banner Bangga Buatan Indonesia

(JEDA)

Penulis: Tim Media Servis