Polri Mutasi 62 Perwira, Posisi Sejumlah Kapolda Diisi Pejabat Baru

Oleh: Adi Briantika - 13 Agustus 2018
Polri melakukan mutasi jabatan 62 perwira menengah dan tinggi, sejumlah Polda dipimpin pejabat baru.
tirto.id - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memutuskan untuk merotasi 62 anggota Polri yang terdiri dari perwira menengah (Pamen) dan perwira tinggi (Pati).

Keputusan soal mutasi itu tertuang di Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 tertanggal 13 Agustus 2018 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Pembentukan Karir (Karobinkar) Polri Brigjen Pol Eko Indra Heri.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membenarkan hal tersebut. “Mutasi rutin dalam rangka penyegaran," kata dia di Jakarta, Senin (13/8/2018).

Berdasar surat telegram Kapolri itu, Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal diangkat menjadi Wakapolda Jawa Timur. Sementara Irjen Pol Royke Lumowa menempati posisi baru menjadi Kapolda Maluku. Posisi Kakorlantas juga akan dijabat Brigjen Pol Refri Andri yang saat ini menempati posisi Karoprovos Divpropam Polri.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar akan bertugas di Mabes Polri sebagai Wakalemdiklat. Irjen Pol Martuani Sormin akan menggantikan posisinya sebagai Kapolda Papua.

Sedangkan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpau dimutasi jadi Pati Lemdiklat Polri yang akan bertugas di Lemhanas.

Selanjutnya, Brigjen Pol Ignatius Sigit Widatmo diangkat menjadi Karopaminal Divpropam Polri. Lalu, Brigjen Pol Eddy Hartono dijadikan Wakadensus 88 Polri. Selain itu, Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra akan menjabat sebagai Kapolda Banten.

Lainnya, Kapolda Maluku Irjen Andap Budhi Revianto dimutasi menjadi Kapolda Kepri. Kapolda Riau Irjen Nandang juga dimutasi menjadi Pati Baintelkam penugasan di BIN. Posisi Kapolda Riau akan diisi Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo. Kemudian, Kapolda Kepri Irjen Didid Widjanardi diangkat menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Selain itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin akan menjabat Analis Kebijakan Utama bidang Sahara Baharkam Polri. Nantinya Irjen Pol Luki Hermawan yang saat ini menjabat Wakabaintelkam Polri akan mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Machfud tersebut. Terakhir, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi Arianto akan menjadi Kapolda Lampung.


Baca juga artikel terkait MUTASI POLRI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom