Nokia 8.1 Diperkenalkan, Smartphone Flagship Murah Berkamera Andal

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Nokia 8.1 merupakan varian global dari Nokia X7 yang diperkenalkan di Cina.
tirto.id - HMD Global, pemegang merek dagang smartphone Nokia baru saja meluncurkan produk baru andalannya, Nokia 8.1. Smartphone flagship ini melenggang dalam sebuah acara yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada pertengahan pekan ini. Kamera yang mumpuni dan performa premium menjadi daya tarik dari Nokia 8.1.

Smartphone Nokia 8.1 ini sebenarnya adalah varian global dari Nokia X7 yang lebih dulu diperkenalkan di Cina. Seperti dikutip dari laman GSM Arena, Sabtu (8/12/2018), ponsel ini masih menggunakan platform Android One yang menjanjikan update langsung dari Google selama dua tahun.

Penampilan Nokia 8.1 ini cukup menarik dengan dukungan layar berponi pada bagian atas atau sering disebut dengan notch. Selain itu, Nokia 8.1 hadir dengan bezel yang sangat tipis. Smartphone ini dibekali frame berbahan logam yang diklaim cukup kuat.

Kamera adalah keunggulan utama dari smartphone Nokia 8.1. HMD Global membekalinya dengan lensa belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor berukuran 1/2.55 inci 1,4um piksel dan ditandemkan dengan lensa Zeiss, serta telah mendukung fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Kamera Nokia 8.1 dibekali pula dengan fitur Dual Pixel Phase Detection Autofocus (PDAF) untuk kecepatan fokus yang gegas dan akurat. Sementara kamera belakang kedua berkekuatan 13 megapiksel hanya berfungsi sebagai depth sensor. Nokia 8.1 cukup bisa diandalkan untuk foto selfie dengan kamera depan berkekuatan 20 megapiksel.


Nokia 8.1 mengusung layar berukuran 6,18 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2280 piksel berteknologi IPS. HMD Global mengatakan layar Nokia 8.1 ini telah mendukung fitur Pure Display dan HDR10 untuk pengalaman multimedia yang mumpuni. Ponsel ini sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Performa yang ditawarlkan Nokia 8.1 ini memang bisa dikatakan cukup kencang berkat sokongan chip Qualcomm Snapdragon 710 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 360 2,2GHz dan hexa-core Kryo 360 1,7GHz. Nokia 8.1 ini ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 4GB.

Untuk menunjang aktivitas penggunaan harian pengguna, Nokia 8.1 dibekali baterai berkapasitas 3500mAh yang telah mendukung fitur fast charging. Harga yang ditawarkan oleh Nokia 8.1 ini cukup miring untuk ukuran flagship, yakni 399 Euro atau sekitar Rp6,6 juta (kurs Rp16.550).

Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer HMD Global mengatakan, kehadiran Nokia 8.1 sesuai misi perusahaan yang secara konsisten menawarkan pengalaman premium baru kepada konsumen.

“Kami menawarkan kinerja yang lebih cepat dengan arsitektur prosesor kelas satu, kamera ganda dengan sensor dari industri terkemuka, OIS, dan lensa ZEISS untuk pencitraan cahaya rendah yang sangat baik, dan teknologi layar PureDisplay HDR kami yang baru," tulisnya melalui rilis resmi.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Dari Sejawat
Infografik Instagram