Mutasi Perwira Polri: Agus Andrianto Menjabat Kabareskrim

Oleh: Adi Briantika - 18 Februari 2021
Ada 25 perwira Polri yang dimutasi, termasuk Irjen Nana Sudjana, eks Kapolda Metro Jaya yang kini menjabat Kapolda Sulawesi Utara.
tirto.id - Kepolisian Indonesia di bawah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk pertama kali melakukan mutasi jajaran perwira tinggi dan perwira menengah. Kepala Badan Reserse Kriminal kini dijabat oleh Komjen Agus Andrianto, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Ia mengisi jabatan yang ditinggalkan Listyo Sigit. Keputusan ini berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/318/II/KEP.2021 bertanggal 18 Februari 2021. Ada 25 perwira Polri yang dimutasi.

Surat itu ditandatangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan, mengatasnamakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan telegram tersebut.

"Iya, benar," ucap dia ketika dikonfirmasi, Kamis (18/2/2021).

Komjen Arief Sulistyanto akan mengisi kursi Kabaharkam Polri. Sedangkan jabatan Wakabareskrim akan diemban oleh Brigjen Syahardiantono, sebelumnya menjabat Dirtipidter Bareskrim.

Selanjutnya, Komjen Rycko Amelza Dahniel melepaskan jabatan Kabaintelkam untuk menjadi Kalemdiklat Polri. Posisi lamanya akan diisi oleh Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

Irjen Nana Sudjana, mantan Kapolda Metro Jaya yang dicopot lantaran tak bisa menegakkan protokol kesehatan di wilayah hukumnya, kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Lalu, Irjen Wahyu Hadiningrat yang sempat menjadi Wakabareskrim akan bertugas sebagai Asrena Kapolri.

Kapolda Papua kini dijabat oleh Brigjen Mathius Fakhiri, sebelumnya Wakapolda Papua. Irjen Panca Putra diangkat sebagai Kapolda Sumut. Dan Irjen Hendro Sugianto menjabat Kapolda Lampung.



Baca juga artikel terkait KABARESKRIM atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali
DarkLight