Menko Luhut Sebut Softbank akan Tambah Investasi Hingga $10 Miliar

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 6 Agustus 2019
Menko Bidang Kemaritman, Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan total investasi Softbank, perusahaan teknologi asal Jepang, hingga lima tahun ke depan mencapai 10 miliar dolar AS.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritman, Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan bahwa investasi perusahaan teknologi asal Jepang, Softbank akan bertambah. Luhut memperkirakan total investasi hingga lima tahun ke depan mencapai 10 miliar dolar AS.

"Jadi dia bilang ada kemungkinan mereka akan menambah investasi lagi 5 miliar dolar AS dalam beberapa tahun ke depan. Kalau ini berhasil hingga lima tahun ke depan, dia bisa datang dengan 10 miliar dolar AS," ucap Luhut kepada wartawan dalam acara “Afternoon Tea With Menko Luhut” di Kemenko Kemaritiman pada Senin (5/8/2019).

Luhut mengatakan saat ini investasi Softbank yang sudah terealisasi hingga saat ini berjumlah 2 miliar dolar AS. Lalu pada Senin (29/7/2019) lalu, kedatangan Masayoshi Son ke Indonesia menambah investasi 2 miliar dolar AS lagi.

Untuk tahun berikutnya, kata Luhut, ia memperkirakan akan ada tambahan 1 miliar dolar AS lagi sehingga totalnya sementara mencapai 3 miliar dolar AS selama 3 tahun ke depan.

Soal alasan Masayoshi ingin menambah investasi ini, Luhut mengatakan bahwa CEO asal Jepang itu memang terkesan dengan Indonesia. Terutama pada perusahaan start-up yang ada seperti Tokopedia dan Grab.

Namun, Luhut memastikan pada investasi berikutnya ia meminta agar investasi juga tetap diberikan pada start-up lainnya. Dengan demikian, tidak akan terbatas pada perusahaan eksisting yang sudah menerima dana.

“Dia akan masuk ke start-up yang baru mulai sehingga tidak hanya Tokopedia dan Grab. Presiden minta gitu,” ucap Luhut.


Baca juga artikel terkait INVESTASI atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri
DarkLight