Mengenal Sistem Peredaran Darah Tertutup dan Ganda pada Manusia

Oleh: Endah Murniaseh - 13 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sistem peredaran darah terdiri jantung sebagai pusat peredaran darah, serta pembuluh darah dan darah
tirto.id - Darah merupakan cairan tubuh yang berwarna merah dan lengket yang terdapat di dalam jantung dan pembuluh darah. Darah berfungsi sebagai alat transportasi utama pada sistem sirkulasi.

Darah manusia mengandung berbagai jenis sel. Sel darah merah mengandung oksigen. Sementara sel darah putih bermanfaat untuk melawan penyakit.

Volume darah yang dimiliki manusia bervariasi. Hal ini bergantung pada berat tubuh serta ukuran badan. Namun pada umumnya, orang dewasa yang memiliki berat badan 70 kilogram memiliki darah sebanyak 5,5 liter.

Untuk dapat tersebar ke seluruh bagian tubuh, terdapat sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah merupakan proses pengedaran berbagai zat yang dibutuhkan ke seluruh bagian tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Jantung merupakan pusat dari sistem peredaran darah manusia. Organ ini berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalui saluran-saluran yang dikenal dengan pembuluh darah.

Jantung memompa darah dengan cara berkonstraksi sehingga jantung dapat mengembang dan mengempis. Melalui konstraksi ini, akan menimbulkan denyutan yang dapat dirasakan pada pembuluh nadi di beberapa tempat, seperti pembuluh nadi (arteri) dekat permukaan kulit, di pergelangan tangan dan leher.

Jantung terdiri di rongga dada sebelah kiri dan memiliki tiga lapisan, yaitu pericardium (lapisan luar), miokardium (lapisan tengah/otot jantung), dan endocardium (lapisan dalam).

Ruang pada jantung terdiri dari empat ruang yaitu serambi kiri (atrium sinister), serambi kanan (atrium dekster), bilik kiri (ventrikel sinister), dan bilik kanan (ventrikel dekater).

Sementara itu, antara serambi kiri dan bilik kiri memiliki katup yang dikenal dengan katup dua daun (valvula bicuspidalis). Katup dua daun memiliki fungsi agar darah dari bilik kiri tidak mengalir kembali ke serambi kiri.

Antara serambi kanan dengan bilik kanan dihubungkan dengan katup tiga daun (valvula tricuspidalis). Katup ini berfungsi untuk menjaga agar darah dari bilik kanan tidak mengalir kembali ke serambi kanan.

Dikutip dari Sumber Belajar KEMDIKBUD, sistem peredaran darah terdiri jantung sebagai pusat peredaran darah, serta pembuluh darah dan darah. Berikut adalah sistem peredaran tersebut:

  • Carotid artery
  • Jugular vein
  • Subclavian artery
  • Subclavian vein
  • Pulmonary artery
  • Aorta
  • Vena cava
  • Renal vein
  • Renal artery
  • Femoral vein
  • Femoral artery
Jantung sebagai organ pada sistem peredaran darah memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh melalui saluran yang dikenal dengan pembuluh darah.

Sementara itu, pembuluh darah merupakan saluran yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh serta dari seluruh tubuh kembali ke jantung.

Peredaran Darah Tertutup

Dilansir dari eModul Sistem Gerak dan Sirkulasi kelas XI, darah yang terdapat di tubuh manusia akan selalu beredar di seluruh tubuh selama jantung masih bekerja.

Peredaran darah tersebut dinamakan peredaran darah tertutup, hal ini dikarenakan darah manusia selalu berada dalam pembuluh, tidak langsung masuk ke dalam jaringan tubuh.

Peredaran Darah Ganda

Peredaran darah pada manusia disebut peredaran darah ganda atau peredaran darah rangkap, karena setiap satu kali beredar ke seluruh bagian tubuh, darah akan melewati jantung sebanyak dua kali. Peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda terdiri dari peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Peredaran darah besar merupakan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali jantung.

Sementara peredaran darah kecil merupakan peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung.



Baca juga artikel terkait SISTEM PEREDARAN DARAH atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight