Mengenal Fitur Klik untuk Chat di Whatsapp

Oleh: Adilan Bill Azmy - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Whatsapp menambahkan fitur Klik Untuk Chat guna memudahkan pengguna dalam berkirim pesan.
tirto.id - Whatsapp merupakan aplikasi berkirim pesan paling populer di Indonesia, bahkan dunia. Berdasarkan situs Green Indonesia, 83 persen dari pengguna internet di Indonesia menggunakan Whatsapp.

Sebagai aplikasi penyedia berkirim pesan nomor satu di dunia, Whatsapp terus mengembangkan fitur dan layanan mereka. Kini, Whatsapp menambahkan fitur Klik Untuk Chat guna memudahkan pengguna dalam berkirim pesan.

Melalui fitur Klik Untuk Chat, pengguna dapat memulai chat dengan orang lain tanpa harus menyimpan nomor teleponnya terlebih dahulu. Pengguna dapat membuat tautan yang memudahkan untuk berkirim pesan.

Siapa pun yang menekan tautan tersebut akan langsung diarahkan ke laman chat dengan pengguna. Fitur ini dapat digunakan di semua jenis Whatsapp, baik Whatsapp mobile maupun Whatsapp Web.

Cara membuat tautan Klik Untuk Chat cukup mudah. Tautan dapat dibuat dengan format https://wa.me/. Pengguna tinggal memasukkan nomor telepon pada dengan format nomor telepon internasional.

Hilangkan tanda kurung agar tautan dapat diakses. Sebelumnya, pastikan nomor yang tertulis sudah terdaftar sebagai nomor telepon whatsapp.

Misalnya: https://wa.me/628561333111


Siapa pun yang menekan tautan ini akan langsung diarahkan ke halaman chat dengan nomor telepon +628561333111.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat tautan untuk membuka halaman chat dengan bidang teks yang telah terisi. Tentunya, format tautan yang dibuat berbeda dengan yang sebelumnnya.

Pengguna dapat membuat tautan dengan format berikut:

https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh:

https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda

Siapa pun yang menekan tautan ini akan langsung diarahkan ke halaman chat ke nomor +628561333111. Bedanya, pada bidang teks telah tertulis 'Saya tertarik untuk membeli mobil Anda' secara otomatis.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan berkirim pesan yang populer. Dibangun pada 24 Februari 2009, Whatsapp masih lebih dipilih oleh masyarakat ketimbang kompetitornya seperti Telegram, Line, WeChat, atau KakaoTalk. Whatsapp kini telah digunakan lebih dari satu milyar pengguna setiap harinya di seluruh dunia.

Bergabungnya Whatsapp dengan Facebook pada 2014 membawa banyak perubahan pada fitur dan layanannya. Terbaru, Whatsapp meluncurkan fitur Touch ID dan Face ID pada awal tahun 2019 ini. Sebelumnya, fitur lain seperti Stiker, Whatsapp Bisnis, dan Status telah ditambahkan terlebih dahulu.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight