Mengenal Aplikasi Wellbeing dan Cara Google Tangkal Adiksi Gawai

Oleh: Adrian Samudro - 30 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Digital Wellbeing adalah proyek yang dikembangkan Google untuk membantu pengguna menemukan keseimbangan dalam menggunakan teknologi.
tirto.id - Kecanduan bermain gawai memang bukan hal yang menyehatkan. Apalagi jika sampai mengganggu pola tidur, rutinitas sehari-hari hingga kegiatan bersosialisasi.

Dalam menyikapi hal tersebut, Google meluncurkan sejumlah aplikasi eksperimen baru untuk Android yang terdaftar dalam produk Digital Wellbeing, yaitu Screen Stopwatch, Envelope, dan Activity Bubbles.

Digital Wellbeing merupakan proyek yang dikembangkan Google bersama dengan para pengembang aplikasi untuk menciptakan ide dan alat yang membantu seseorang menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam menggunakan teknologi.

Dengan kata lain, produk-produk eksperimen ini memungkinkan untuk mengontrol dan membatasi para penggunanya agar tidak adiktif atau kecanduan dalam menggunakan gawai.

Tak hanya gawai, proyek eksperimen ini juga memiliki alat yang diperuntukkan bagi pengguna desktop atau PC yang sering berselancar di dunia maya tanpa kenal waktu.

Sebelumnya, Google juga telah perkenalkan enam aplikasi serupa beberapa waktu yang lalu, di antaranya yaitu Unlock Clock, Morph, We Flip, Post Box, Desert Island, dan Paper Phone.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai produk-produk Digital Wellbeing Experiments dari Google yang dapat digunakan untuk memberi batasan dalam penggunaan gawai.


Unlock Clock

Sederhananya Unlock Clock merupakan live wallpaper. Aplikasi ini digunakan untuk menampilkan berapa kali pengguna membuka kunci perangkat pribadi mereka.

Dengan semakin banyaknya hitungan yang ditampilkan diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada penggunanya bahwa mereka sudah terlalu sering menggunakan perangkat tersebut.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store.

Screen Stopwatch

Sama halnya dengan Unlock Clock, Screen Stopwatch mengusung aplikasi berbasis wallpaper. Bedanya adalah aplikasi ini menampilkan durasi Anda dalam menggunakan gawai.

Ditampilkan dalam bentuk hitungan jam, menit dan detik yang akan terus berjalan seiring penggunaan perangkat. Screen Stopwatch bisa ditemukan di Play Store.

Morph

Morph membantu seseorang tetap fokus dengan menyesuaikan penggunaan perangkat berdasarkan kegiatan yang dilakukan seseorang dalam kesehariannya.

Berdasarkan waktu atau tempat, perangkat akan secara otomotatis beradaptasi. Misalnya menampilkan aplikasi yang tepat seperti email, kalender dan lainnya selama pengguna dalam waktu bekerja.


We Flip

We Flip dirancang untuk meningkatkan kesadaran dalam bersosialisasi. Aplikasi ini berguna untuk mengurangi penggunaan gawai ketika berada dalam sebuah kelompok seperti pertemanan.

Aplikasi ini bekerja dengan mengambil setiap perangkat dalam kelompok dan memasangkannya bersama. Cukup tunggu hingga semua orang bergabung, lalu geser saklar dalam aplikasi untuk menggunakannya.

Jika seseorang dalam kelompok tersebut membuka perangkat, sesi akan berakhir dan aplikasi memberi notifikasi tentang seseorang yang mencoba gunakan gawai. Aplikasi ini juga tersedia untuk diunduh di Play Store.

Post Box

Post Box dirancang berdasarkan ide tentang pemberitahuan atau notifikasi yang sering mendistraksi perhatian Anda ketika sedang melakukan kegiatan lain.

Aplikasi ini akan membatasi sejumlah notifikasi yang masuk dalam perangkat dengan mengumpulkannya dan mengirimkan secara teratur sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan sendiri.

Perlu diingat bahwa ada sejumlah perangkat yang juga menahan panggilan telepon dan alarm. Post Box dapat diunduh melalui Play Store.


Dessert Island

Desert Island juga dapat mengurangi frekuensi Anda bermain gawai yang berlebihan dengan memberikan tantangan dalam sehari untuk menggunakan beberapa aplikasi yang itu-itu saja.

Aplikasi ini mengambil alih perangkat Anda dan hanya menyertakan pintasan ke aplikasi yang paling dibutuhkan menurut Anda seperti kamera, memo, pesan, dan lainnya.

Anda bisa mencobanya dengan mengunduh aplikasi tersebut melalui Play Store.

Paper Phone

Paper Phone tidak seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Ini adalah sarana untuk memindahkan aktifitas dalam perangkat Anda ke medium lain yaitu sebuah kertas.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat ponsel kertas yang dapat dilipat dengan mencakup beberapa bagian terpenting dari perangkat Anda seperti task, daftar kontak, resep dan banyak lagi.

Bahkan Anda juga dapat menyimpan kartu kredit di dalamnya. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store dan membutuhkan printer untuk mencetak ponsel kertas tersebut.


Envelope

Envelope pada dasarnya bukan lah sebuah aplikasi melainkan cara yang diberikan Google untuk membatasi penggunaan gawai dengan medium kertas.

Kertas tersebut akan dicetak sesuai dengan ukuran Pixel 3a, satu-satunya gawai yang baru tersedia untuk cara tersebut. Kertas yang telah dicetak lalu dibentuk menyerupai amplop.

Masukkan Pixel 3a pada kertas yang telah dibentuk. Metode ini memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat secara terbatas dan tanpa melihat layar.

Adapun kode dan layout untuk mencobanya bisa dengan mengakses laman Google Experiments.

Activity Bubbles

Aplikasi ini juga merupakan fitur live wallpaper yang dapat digunakan untuk melihat seberapa sering Anda membuka kunci ponsel dan berapa lama penggunaannya dalam sehari.

Untuk setiap pembukaan kunci, gelembung baru akan terbentuk. Sementara durasi penggunaan yang lama akan membuat gelembung tersebut menjadi semakin besar.


Baca juga artikel terkait WELLBEING atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight