Mengenal 5 Jenis Kartu Kredit Eksklusif selain Black Card

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 29 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kartu kredit eksklusif atau black card memberikan akses kredit yang sangat besar.
tirto.id - Kartu kredit memudahkan banyak orang untuk sarana transaksi keuangan. Tidak hanya itu, limit atau batas kredit yang dimiliki tiap kartu kredit pun berbeda-beda sesuai kebijakan bank.

Ada yang memiliki limit beberapa juta sampai puluhan juta. Namun, bagi pemilik kartu kredit eksklusif atau black card, limitnya bahkan sampai tak terhingga.

Tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit istimewa tersebut. Laman US News menyebutkan, hanya orang kaya yang bisa memilikinya. Contohnya, seorang kolektor seni dari China, Liu Yiqian, diduga membeli lukisan seharga 170 juta dolar memakai American Express Black Card di tahun 2015.

Bagi sebagian kalangan, memiliki black card menjadi kebanggaan atau prestise tersendiri. Namun, semua fitur yang dimiliki black card sepadan dengan biaya tahunannya dan fitur yang dimilikinya.

Black card dari American Express bahkan bisa mengenakan biaya 10 ribu dolar AS untuk membuka rekening dan biaya tahunan 5 ribu dolar AS.

Fitur dalam black card memberikan "kekuatan" super kaya untuk para miliyuner atau mungkin triliyuner. Gaya hidup mewah dan boros dapat diakomodasi dengan kartu kredit eksklusif ini. Dan, untuk memperolehnya seringkali harus melalui undangan dahulu setelah mencapai tolak ukur tertentu.

Dikutip dari Investopedia, ada beberapa kartu kredit eksklusif di dunia saat ini.

American Express Centurion Card

Ini adalah kartu kredit paling eksklusif di dunia yang dikenal sebagai "original black card". Pertama kali dirilis pada 1999 dan dikeluarkan tanpa kepastian siapa yang berhak menerimanya. Untuk bisa memilikinya, seseorang minimal sudah punya kartu kredit platinum dari American Express selama setahun.

Apabila pemegang kartu kredit platinum dianggap layak, maka dapat diundang untuk mengajukan Kartu Centurion yang punya biaya awal 10 ribu dolar AS dan biaya tahunan 5 ribu dolar AS.Beberapa fiturnya adalah akses ke layanan lounge 24 jam, upgrade penerbangan, kamar hotel gratis, dan memiliki akses menutup toko ritel untuk kepentingan belanja pribadi.

JP Morgan Chase Palladium Card
Keistimewaan kartu ini sudah terlihat dari bahan kartunya yang terbuat dari paladium dan emas diukir laser. Kartu tersebut diperuntukkan bagi konsumen yang memiliki hubungan dengan bank swasta, manajemen kekayaan, atau bank investasi JP Morgan. Biaya tahunannya 595 dolar AS dan tidak punya persyaratan pengeluaran sebelumnya.

Dubai First Royal MasterCard

Kartu kredit ini memiliki fisik yang dihiasi emas, lalu terdapat berlian tertanam di tengahnya. Konsumen harus menerima undangan dari Dubai First untuk menjadi pemegang kartu.

Pemegang kartu dapat memperoleh akses ke tim manajer gaya hidup setiap hari selama 24 jam, dengan tujuan memenuhi setiap permintaan pemegang kartu.Dan, tidak ada batasan kredit yang akan dipakai. Jadi bagi crazy rich, kartu ini cocok untuk memenuhi nafsu belanja dan bersenang-senang.

Stratus Rewards Visa Card

Kartu kredit eksklusif ini diperuntukkan bagi individu berpenghasilan tinggi dan hanya melalui undangan. Poin reward pada kartu yang punya biaya tahunan 1.500 dolar AS ini, dapat digunakan untuk sewa jet pribadi dan fasilitas lainnya. Fitur lainnya adalah layanan pramutamu pribadi, diskon penerbangan charter, layanan mobil, peningkatan layanan hotel mewah, diskon pembelian, dan konsultasi bersama pakar gaya hidup.

Coutts World Silk Card

Balck card ini dikenal sebagai kartu kredit paling eksklusif di Inggris. Coutts World Silk Card hadir dengan fitur layanan pramutamu 24/7, akses ke lounge bandara eksklusif, dan belanja pribadi di toko-toko desainer.

Baca juga artikel terkait KARTU KREDIT atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight