Ilmu Pengetahuan Sosial

Mengenal 4 Prinsip Dasar Ilmu Geografi Beserta Contohnya

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Terdapat empat prinsip dasar dalam ilmu geografi, apa saja?
tirto.id - Geografi adalah ilmu yang mempelajari segala aktivitas manusia dan alam serta interaksi antara keduanya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu. Dengan kata lain, ilmu geografi mencermati hubungan, persamaan, dan perbedaan antar ruang di bumi. Lantas, apa saja prinsip-prinsip dasar ilmu geografi?

Dalam ilmu geografi, objek yang dipelajari yaitu mengenai geosfer. Geosfer merupakan permukaan bumi, dan hakikatnya bagian dari bumi yang terdiri dari atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan atau kulit bumi, hidrosfer (lapisan air) dan biosfer (lapisan kehidupan).

Selanjutnya, geosfer akan ditinjau dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan sehingga menampakkan persamaan dan perbedaan. Dari sinilah kemudian Ikatan Geograf Indonesia (IGI) merumuskan definisi geografi.

Menurut IGI, geografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkunan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

Adapun menurut Ferdinand von Richthofen seperti dikutip dari Pengantar Filsafat Geografi (1994) karya Suharyono dan Moch Amien disebutkan bahwa di dalam geografi akan dipelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dan penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya.

Selain itu, geografi juga menerangkan gejala-gejala dan sifat-sifat tersebut secara bersama, atau pun mengenai hubungan timbal balik dari keduanya.

Cabang keilmuan yang dipelajari dalam geografi baragam, sebagian masih memiliki subcabang pembelajaran. Namun secara umum, cabang ilmu geografi terdiri dari Geografi Fisik, Geografi Manusia, Geografi Regional, dan Geografi Sejarah.


4 Prinsip Dasar Ilmu Geografi

Dalam ilmu geografi diperlukan piranti untuk menganalisa dan memahami beragam fenomena di sekitar. Piranti tersebut dinamakan prinsip geografi. Prinsip geografi mirip dengan konsep geografi.

Pada konsep geografi digunakan perangkat dan pertanyaan dasar yang pakai untuk memudahkan memahami dan menjelaskan fenomena. Namun, prinsip-prinsip geografi lebih mendasar lagi dan masih luas cakupannya.

Berikut ini 4 prinsip dasar ilmu geografi:

1. Prinsip Distribusi

Dalam prinsip ini menjelaskan persebaran fenomena yang ada di permukaan bumi dan tidak terjadi merata. Pertanyaan dasar yang melatarbelakangi prinsip distribusi misalnya: "Mengapa fenomena terjadi di lokasi A, namun tidak muncul di lokasi B?"

Dalam prinsip distribusi, pembahasan suatu fenomena dilihat dari sudut pandang tempat lokasinya dan spesifik terkait persebarannya. Contoh penggunaannya yaitu persebaran penduduk yang tidak merata, persebaran sumber daya alam, atau persebaran curah hujan.

2. Prinsip Interelasi

Prinsip ini mengenai kaitan sebuah fenomena dengan fenomena lain di dalam suatu ruang. Hukum Tobler mengatakan: "semua objek saling memengaruhi, semakin dekat jaraknya semakin kuat pengaruhnya". Demikian pula dalam prinsip ini, sangat berguna dalam menganalisa dampak suatu fenomena dari suatu proyek pengembangan wilayah.

Contoh penggunaannya yaitu tsunami di suatu wilayah terjadi setelah adanya gempa di tengah laut, atau suhu panas memicu penguapan yang kemudian terkadi hujan.

3. Prinsip Deskripsi

Pada prinsip deskripsi, dijelaskan semua secara lengap terhadap fenomena geografi yang terjadi. Umumnya penjelasan prinsip geografi terbatas pada fenomena secara spasial. Hanya saja, dengan prinsip deskripsi, fenomena dijelaskan dari susut pandang aspasial.

Saat dijelaskan dengan prinsip deskripsi, biasanya tidak lepas dari bahasan proses, statistik, kronologi, dan gambaran fenomena. Prinsip ini tepat dipakai untuk pelengkap dan penjelas dam analisis geografi.

Contoh penggunaannya seperti menjelaskan pengangguran di Indonesia mencapai empat juta penduduk, atau siklus air melewati beberapa proses yaitu penguapan, pengembunan, dan presipitasi.

4. Prinsip Korologi

Dalam prinsip korologi terjadi penggabungan antara prinsip distribusi, interelasi, dan deskripsi. Oleh sebab itu, penelitian geografi yang memakai prinsip ini akan mendapatkan hasil lebih komprehensif.

Baca juga artikel terkait GEOGRAFI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight