Advertorial

Manfaat Susu Kental Manis untuk Memulai Hari

Penulis: Advertorial - 28 Jul 2022 22:04 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Bersama manfaat susu kental manis, breakfast bukan lagi waktu makan paling penting, melainkan juga waktu makan paling nikmat.
tirto.id - Sarapan sering digambarkan sebagai waktu makan terpenting (“the most important meal of the day”) karena menyediakan makanan dan energi (kalori) untuk aktivitas apa pun yang ada di hari tersebut ke depannya.

Dalam bahasa Inggris, sarapan adalah “breakfast”. Ada “fast” yang sering disalahartikan menjadi “cepat”. Padahal, dalam buku Breakfast: A History karya Heather Arndt Anderson, arti breakfast adalah breaking the fasting (memutus/membuka puasa) yang terjadi sejak tidur pada malam sebelumnya. Sehingga, “fast” yang dimaksud di sini bukan “cepat”, melainkan “puasa”. Itulah kenapa tak mengherankan jika sarapan dianggap sebagai waktu makan terpenting.

Selain untuk memutus masa “puasa” tubuh, sarapan juga berguna untuk meningkatkan energi dan konsentrasi jangka pendek, membantu manajemen berat badan, serta mengurangi risiko penyakit jantung jangka panjang.

Oleh karena itu, penting untuk menambahkan nutrisi di dalam sarapan yang tak hanya nikmat tapi juga dapat tersaji dengan cepat. Misalnya dengan menambahkan susu kental manis sebagai topping menu sarapan karena sifatnya yang bisa meningkatkan cita rasa. Bahkan, salah satu manfaat susu kental manis ini dapat menjadi sumber energi untuk memulai hari.

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan masyarakat untuk memenuhi kecukupan energi sebesar 2.100 kkal per hari. Pada susu kental manis dengan keterangan “full cream” di kemasannya, kandungan energinya adalah 140 kkal per saset.

Kandungan susu kental manis yang bertuliskan “full cream” di kemasannya juga menunjukkan jika produk tersebut terbuat dari susu segar dan mengandung multivitamin dan mineral.

Manfaat Susu Kental Manis untuk Menu Sarapan

Selain mudah ditemukan dan tersedia dengan berbagai kemasan untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia, manfaat susu kental manis memang dianggap bisa menambah cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih nikmat.

Ini sejalan dengan Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. Aturan itu menegaskan bahwa cara mendapatkan manfaat susu kental manis yang benar adalah sebagai topping, pelengkap, atau campuran pada makanan maupun minuman. Maka dari itu, kita bisa menemukan manfaat susu kental manis pada menu sarapan.

Manfaat susu kental manis sebagai bahan pelengkap dapat dilakukan dengan menjadikannya topping pada roti maryam, condensed milk toast, peanut butter toast dan ragam mMenu sarapan lain yang bisa dikombinasikan dengan susu kental manis, yang pernah kami tuliskan sebelumnya, antara lain adalah roti maryam, condensed milk toast, dan peanut butter toast. Kemudian, ada pula roti bakar kayu manis, bubur jagung manis, dan pisang goreng wijen.

Susu kental manis punya hubungan yang pas pula dengan dua hal ini: sarapan dan kuliner Indonesia. Sebelum masuk ke Indonesia, susu kental manis bisa dilacak kemunculannya hingga tahun 1820, ketika seseorang yang terobsesi mengawetkan berbagai pangan berhasil membuat susu kental yang diawetkan dalam botol. Orang tersebut adalah Nicolas Appert asal Prancis.

Perkembangan susu kental terus mengalami perbaikan, baik dari cara membuatnya, media penyimpanannya (biasanya di botol atau kaleng), sampai penambahan gula.

Gail Borden asal Amerika Serikat mematenkan cara membuat susu kental dengan penguapan pada 1856, kemudian John Baptiste Meyenberg asal Swiss mematenkan proses sterilisasi susu kental dalam kaleng pada 1884 setelah melihat begitu antusiasnya masyarakat dengan manfaat susu kental manis yang diberikan.

Pada dasarnya, manfaat susu kental manis dihasilkan dengan mengolah susu segar sehingga mengurangi kandungan airnya hingga sekitar 40 persen, yang berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Proses kondensasi kandungan susu kental manis ini bisa dianalogikan seperti memasak kaldu atau saus untuk membuat rasa makin kuat.

Di Indonesia, menurut Kementerian Perindustrian, manfaat susu kental manis mulai masuk ke tanah air pada 1873 lewat tentara Belanda. Sejak saat itu pula susu kental manis identik dengan sarapan dan kemudian kuliner Indonesia.

Sarapan: Waktu Makan Terpenting

Identiknya manfaat susu kental manis dalam sarapan dan kuliner Indonesia bukan kebetulan. Dua hal yang mengaitkannya bisa dikombinasikan dengan susu kental manis, yaitu salted caramel pancake dan oatmeal.

Salted Caramel Pancake

Kreasi Sarapan Pancake Caramel
Kreasi Sarapan Pancake Caramel. (FOTO/iStockphoto)


Ide untuk mendapatkan manfaat susu kental manis yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai salah satu bahan pada pancake. Berikut resep lengkapnya:

Bahan-bahan:

150 ml susu kental manis full cream untuk saus karamel
100 ml susu cair
½ sdt garam
180 gr tepung pancake
150 ml air
1 butir telur
35 ml susu kental manis untuk adonan
Mentega secukupnya
Pisang sebagai topping

Cara membuat:

Siapkan wadah atau panci yang sudah dipanaskan sebelumnya dan masukkan 150 ml susu kental manis full cream.
Tambahkan 100 ml susu cair dan garam secukupnya.
Susu kental manis yang akan menjadi saus karamel tersebut harus tetap diaduk dalam api sedang hingga matang sempurna, kemudian sisihkan.
Siapkan wadah atau mangkuk untuk membuat adonan panekuk (pancake).
Masukkan tepung panekuk, susu kental manis, air, dan 1 butir telur.
Panaskan wajan dengan mentega lalu tuang adonan panekuk yang sebelumnya sudah dibuat.
Tunggu hingga matang di kedua sisi dan sajikan panekuk secara bersusun di atas piring.
Terakhir, tambahkan topping potongan pisang dan tuang saus karamel di atas panekuk.

Oatmeal

Kreasi Sarapan Oatmeal
Kreasi Sarapan Oatmeal. (FOTO/iStockphoto)


Ide untuk mendapatkan manfaat susu kental manis di sarapan selanjutnya adalah dengan menjadikannya bahan pelengkap untuk oatmeal. Catat resep berikut ini.

Bahan-bahan:

2 cangkir instant oatmeal
2 cangkir air
2 cangkir susu dari susu kental manis full cream
6 sdm gula
6 sdm susu kental manis full cream
Opsional: chia seed secukupnya dan/atau potongan buah favorit

Cara membuat:

Tuang oatmeal ke dalam panci, lalu tambahkan air
Tuang susu dan panaskan oatmeal
Aduk sesekali
Jika sudah mulai mendidih, kecilkan api dan tambahkan gula
Tambahkan susu kental manis full cream
Aduk hingga mengental
Bisa tambahkan bahan seperti chia seed dan/atau potongan buah sebagai topping

Cukup penting menambahkan manfaat susu kental manis pada menu sarapan kita mengingat rasa nikmat tersebut bukan hanya bisa membuat hidangan menjadi lebih nikmat, melainkan juga membuat suasana hati lebih senang. Bahkan manfaat susu kental manis juga dapat menjadi sumber energi di pagi hari.

Menurut penelitian yang dipublikasikan European Journal of Medical and Health Sciences pada 2021, sarapan terbukti dapat meningkatkan kebahagiaan, tingkat konsentrasi, serta mengurangi stres. Manfaat susu kental manis sSebagai bahan makanan dan minuman yang serbaguna serta penambah cita rasa, membuat kehadiran susu kental manis pada akhirnya identik dengan sarapan dan kuliner Indonesia.

Bersama manfaat susu kental manis, breakfast bukan lagi digambarkan sebagai waktu makan paling penting, melainkan juga waktu makan paling nikmat.
(tirto.id - Mild Report)

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial

DarkLight