Sukses pada Gelaran Pertama, LPS Gelar lagi LPS Awards 2023

tirto.id - 6 Des 2023 12:39 WIB | Diperbarui 8 Des 2023 06:13 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pengumuman LPS Awards 2023 dilaksanakan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 6 Desember 2023.
tirto.id -
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengumumkan hasil LPS Awards 2023 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 6 Desember 2023.

Ini kali kedua LPS memberikan penghargaan setelah kegiatan yang sama sukses digelar tahun 2022. LPS Awards adalah bentuk apresiasi LPS kepada industri perbankan yang telah berperan aktif memajukan sektor keuangan dan perekonomian nasional, serta apresiasi kepada media yang turut aktif dalam mensosialisasikan program penjaminan simpanan kepada masyarakat Indonesia.

“Kondisi perbankan yang sehat dan stabil saat ini, secara langsung timbul berkat peran serta dari para pelaku industri perbankan yang telah menjalankan bisnis dengan sangat baik dan prudent. Apresiasi dan terima kasih kami untuk perbankan nasional,” ujar Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto saat mengisi forum talkshow “How To Manage Crisis Communication in Banking Industry” di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Forum talkshow “How To Manage Crisis Communication in Banking Industry” merupakan salah satu satu rangkaian acara LPS Award 2023. Dimas juga menjelaskan, LPS Awards 2023 merupakan sarana sosialisasi bagi masyarakat mengenai program penjaminan simpanan.

“Melalui gelaran LPS Awards 2023, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan semakin meningkat karena yakin bahwa simpanannya di bank aman dijamin LPS,” sambung Dimas.

LPS Awards diberikan kepada bank-bank yang aktif dan inovatif dalam mendukung literasi keuangan dan sosialisasi mengenai program penjaminan LPS, patuh dalam pelaporan Single Customer View (SCV) dan laporan lainnya kepada LPS serta aktif dalam pemanfaatan media digital.

Sejumlah kategori dalam LPS Awards 2023 antara lain adalah Bank Teraktif dalam Kegiatan Literasi Keuangan, Bank Teraktif dalam Inisiatif Sosialisasi LPS, Bank Terinovatif/Terunik dalam Inisiatif Sosialisasi LPS, Bank Terbaik dalam Laporan Kepatuhan SCV (khusus bank umum), dan Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dalam Kepatuhan Pelaporan Ke LPS.

Adapun yang menjadi dewan juri pada LPS Awards 2023 adalah Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan, dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bank Swasta Nasional (Perbanas) Anika Faisal, Ketua Umum Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Tedy Alamsyah, Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, dan Akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia Telisa Aulia Faliyanti.

LPS Awards 2023
Malam Anugerah LPS Banking Awards 2022. (FOTO/Dok. LPS)


Literasi Keuangan Membaik Berkat Perbankan

Priyanto Budi Nugroho menjelaskan, dari hari ke hari, peran perbankan dalam mengedukasi masyarakat mengenai produk perbankan maupun investasi semakin positif. Di era sekarang, perbankan menyadari bahwa faktor melek literasi tidak hanya penting bagi nasabah, tapi juga bagi perbankan sendiri.

“Kita lihat perbankan sekarang dengan berbagai kanal berbagai media, itu mengingatkan nasabahnya untuk betul-betul hati-hati terhadap kemungkinan-kemungkinan beragam penipuan, beragam hal atau tawaran jasa yang mengatasnamakan perbankan tapi sebenarnya bukan berasal dari perbankan,” ungkap Priyanto di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Atas peran itu, Priyanto menilai program LPS Awards 2023 penting dilaksanakan untuk memberi penghargaan terhadap perbankan yang telah mengedukasi publik lewat berbagai program, tak terkecuali edukasi mengenai program penjaminan LPS.

infografik Lps Awards 2023
Infografik LPS Awards 2023. tirto.id/Mojo


Sedangkan menurut Telisa Aulia Faliyanti, LPS Awards bisa memberi feedback positif bagi perbankan. Salah satunya, meningkatkan tata kelola bisnis perbankan. Telisa beranggapan, dengan edukasi finansial yang semakin meningkat dan tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang juga semakin meningkat, permintaan untuk pentingnya tata kelola di dalam suatu organisasi juga menjadi semakin tinggi.

“Jadi tuntutan dari nasabahnya sendiri juga semakin tinggi, ya, artinya nasabah ingin perbankan yang menjalankan tata kelola dengan baik, karena perbankan ini bisnis kepercayaan. Bagaimana nasabah bisa lebih mempercayakan aset-asetnya, kepercayaan itu sangat penting, dan dengan tata kelola yang baik akan menentukan sustainability juga,” papar Telisa, Selasa (5/12/2023).

LPS Awards 2023 juga memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah memenangi Lomba Jurnalis LPS 2023. Lomba Jurnalis itu sendiri diselenggarakan sebagai tanda kolaborasi LPS dan media yang terus terjalin dalam meningkatkan pengetahuan kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang program penjaminan simpanan yang diselenggarakan oleh LPS. Lomba ini dibagi menjadi 2 kategori karya yaitu foto dan artikel. Terdapat 600 karya jurnalistik yang mengikuti lomba ini.

Kegiatan LPS Awards 2023 bisa Anda saksikan di kanal Youtube IDIC Official.

Baca juga artikel terkait LPS atau tulisan menarik lainnya Tim Media Service
(JEDA)

Penulis: Tim Media Servis

DarkLight