Konser Online BTS BANG BANG CON Ditonton 50 Juta Orang di Dunia

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 21 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Konser online BTS Bang Bang Con mencatat sekitar 50,59 juta penonton di seluruh dunia.
tirto.id - Konser online akhir pekan BTS “BANG BANG CON” ditonton lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia. Penggemar di seluruh dunia berbagi pengalaman akhir pekan lalu ketika mereka menikmati konser BTS bersama-sama secara online sambil tetap di rumah.

Dimulai pada siang hari waktu Korea Selatan, pada tanggal 18 dan 19 April, BTS menyiarkan rekaman beberapa konser, pertemuan penggemar, dan lainnya di YouTube BANGTAN TV dengan judul "BANG BANG CON."

Secara keseluruhan, acara ini berlangsung sekitar 24 jam dan mencatat 50,59 juta penonton. Jumlah penonton tertinggi pada saat bersamaan ayitu 2,24 juta orang, demikian seperti diwartakan Soompi.

Penggemar di seluruh dunia bahkan dapat menikmati pertunjukan sambil menghubungkan ARMY Bomb (lightstick resmi BTS) ke platform komunitas Big Hit Entertainment WeVerse, yang membuat tongkat cahaya mereka berubah warna berdasarkan apa yang terjadi dalam konser.

Selama dua hari, sekitar 500.000 ARMY Bomb di 162 daerah terhubung dengan pertunjukan. Banyak penggemar menyukainya, karena hal ini menciptakan perasaan bahwa mereka semua mengalami hal yang sama dan bersorak bersama, seperti yang akan mereka lakukan di konser.

Hashtag #BangBangCon dan versi Koreanya menjadi trending di Twitter dan WeVerse, dan selama dua hari mereka mengumpulkan 6,46 juta orang menggunakan tagar tersebut.

BTS harus membatalkan atau menunda konser pada tur dunia "Map of the Soul" mereka karena pandemi virus COVID-19. Pada Selasa (24/3/2020), agensi BTS merilis pernyataan resmi mengenai perubahan jadwal konser Map of the Soul karena pandemi corona.

"Kami sedang memantau situasi di negara-negara dan kota-kota yang menjadi bagian dari tur. Dengan penyebaran global COVID-19, di beberapa negara dan kota, tingkat ketidakpastian menjadi lebih tinggi untuk mempersiapkan pertunjukan. Sebagai hasil dari keadaan global saat ini, kami mengantisipasi harus membuat perubahan jadwal tur," ujar Big Hit.

Dalam pernyataan tersebut, Big Hit mengatakan, setiap pembatalan atau penjadwalan ulang akan didasarkan pada kebijakan dan arahan pemerintah pusat dan daerah tempat konser akan dilaksanakan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua orang.

"Kami berupaya sebaik mungkin untuk melanjutkan pertunjukan yang direncanakan jika memungkinkan, tetapi, perincian tentang perubahan akan diberikan secara terpisah untuk masing-masing wilayah," kata Big Hit.

Big Hit juga mengatur penjadwalan ulang tur Map of the Soul BTS di Seoul ketika situasi sudah stabil. Map of the Soul BTS awalnya akan dimulai pada 11, 12, 18, dan 19 April, tetapi konsernya dibatalkan karena penyebaran coronavirus COVID-19 yang melonjak di Korea Selatan.

"Kami meminta pengertian Anda saat kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman baru dan lebih baik dari sebelumnya untuk tur Map of the Soul kepada semua penggemar kami yang pasti kecewa dengan pembatalan baru-baru ini."

"Kami akan terus menempatkan prioritas tertinggi pada kesehatan dan keselamatan artis dan penggemar kami dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi janji yang kami buat untuk penggemar kami. Sekali lagi, kami meminta pengertian dan dukungan dari semua penggemar yang menantikan tur Map of the Soul BTS," pungkas Big Hit.

BTS dijadwalkan untuk mulai mengadakan konser di Amerika Utara pada akhir April, juga akan ke Eropa dan Jepang hingga tur berakhir pada bulan September.


Baca juga artikel terkait KONSER BTS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight