Komisi III DPR Telah Terima Nama Calon Hakim Konstitusi

Oleh: Riyan Setiawan - 11 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Erma enggan menyebutkan nama-nama calon hakim konstitusi yang direkomendasikan oleh tim Panel Ahli.
tirto.id - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengatakan telah menerima penilaian sebelas calon Hakim Konstitusi dari empat orang tim panel ahli. Penilaian tersebut akan menentukan calon hakim yang akan menjabat di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ada masukan-masukan yang sangat berharga kami dapat [dari panel ahli]. Variabel penilaian dari hakim-hakim calon hakim MK yang masuk juga kami dapat nama-nama yang direkomendasikan," kata Wakil Ketua Komisi III Erma Ranik di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (11/3/2019).

Namun, dikarenakan penyerahan penilaian tersebut melalui rapat tertutup, Erma tak bisa menyebutkan siapa saja nama-nama yang direkomendasikan oleh tim Panel Ahli.

"Dari 11 nama masing-masing tim ahli merekomendasikan secara pribadi beberapa nama, kami tidak bisa membuka di sini. Tapi bagian dari keputusan DPR, keputusan Komisi III adalah mempertimbangkan hasil penilaian dari empat orang anggota tim ahli," kata Erma.

Politikus Partai Demokrat itu menjelaskan, variabel-variabel yang menjadi penilaian oleh tim panel ahli, selain terkait pengetahuan, juga rekam jejak dan konsistensi calon hakim konstitusi tersebut dalam lembaga yang akan mereka isi, yaitu Mahkamah Konstitusi.


"Serta yang paling penting itu masukan dari aparat penegak hukum terhadap integritas calon yang bersangkutan," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan mengatakan, telah menunda pengumuman hasil seleksi terhadap 11 calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang rencananya digelar, Kamis (7/2/2019).

Hal tersebut disampaikannya setelah menggelar uji kelayakan dan kepatutan kepada 11 calon Hakim MK di Ruang Rapat Komisi III Gedung DPR RI.

"Jadi keputusannya tidak kami lakukan hari ini," ujar dia di Kompleks DPR RI Senayan, Jakarta Selatan.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pengumuman seleksi hakim MK pada 12 Maret 2019 setelah reses.

Daftar calon hakim konstitusi itu sebagai berikut:

1. Hesti Armiwulan Sochmawardiah

2. Aidul Fitriciada Azhari

3. Bahrul Ilmi Yakup

4. M Galang Asmara

5. Wahiduddin Adams

6. Refly Harun

7. Aswanto

8. Ichsan Anwary

9. Askari Razak

10.Umbu Rauta

11. Sugianto


Baca juga artikel terkait CALON HAKIM KONSTITUSI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight