Menuju konten utama

Komersialisasi Inovasi Tumbuhkan Potensi Industri Kreatif

Sebuah inovasi tidak hanya dapat menciptakan ide atau penemuan baru, tapi juga dikomersialisasikan. Inovasi bernilai komersial merupakan suatu potensi besar dalam menumbuhkan industri kreatif.

Komersialisasi Inovasi Tumbuhkan Potensi Industri Kreatif
Pameran karya industri kreatif. Tirto/Andrey Gromico

tirto.id - Kementerian Perindustrian mendorong para pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi seiring perkembangan tren dan teknologi terkini. Inovasi ini tidak hanya dapat menciptakan ide atau penemuan baru, tetapi juga bisa dikomersialisasikan.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Haris Munandar pada Peluncuran Program Innovating Jogja di Yogyakarta.

"Kondisi Indonesia yang heterogen dan kaya akan keragaman sosio-kultural memberikan sumber inspirasi bagi masyarakat kita untuk kreatif dan berinovasi," kata Haris melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Ia menyebutkan, dalam konteks bisnis atau industri, inovasi bernilai komersial merupakan kreasi, pengembangan, dan implementasi suatu produk atau layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, ataupun keunggulan bersaing.

Menurut Haris, kondisi tersebut merupakan suatu potensi besar yang perlu dijaga dan dikembangkan dalam menumbuhkan industri berbasis inovasi, seperti sektor kerajinan, fesyen, alas kaki, animasi, dan lainnya.

Oleh karena itu, program Innovating Jogja diharapkan mampu mempercepat berkembangnya para inovator dan wirausaha baru pada industri kreatif di Yogyakarta.

"Kami berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut, namun dukungan dari seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan agar program Innovating Jogja dapat terus berjalan secara berkesinambungan," papar Haris.

Untuk dapat mengkomersialisaikan inovasi, kata Haris, diperlukan juga dukungan finansial.

"Dalam program Innovating Jogja, kami memberikan apresiasi kepada Bank BNI yang telah berkenan memberikan dukungan," ujarnya.

Selain aspek finansial, aspek teknologi pun memberikan peranan penting dalam pengembangan produk.

"Seperti diketahui ada dua Balai di Yogyakarta yaitu Balai Besar Kerajinan Batik dan Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik yang selalu siap melengkapi proses tumbuhnya wirausahawan baru melalui pendampingan untuk pengembangan produk dan peningkatan kualitas produk," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend mengatakan, program Innovating Jogja dapat dijadikan percontohan bagi daerah lainnya dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui penumbuhan industri dan wirausaha baru.

"Kompetisi ini memberikan peluang bagi para inovator di Yogyakarta untuk merealisasikan idenya terutama untuk sektor industri yang berbasis kreativitas, dengan harapan mereka dapat menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi serta menumbuhkan perekonomian daerah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Vincent menambahkan, program Innovating Jogja yang diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Perindustrian bersama Trade Cooperation Facility (TCF) Uni Eropa serta pihak-pihak lainnya ini akan mendorong berkembangnya inovasi bisnis yang potensial di daerah Yogyakarta dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal.

Baca juga artikel terkait EKONOMI

tirto.id - Ekonomi
Sumber: Antara
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari