Kapolda Lampung Bakal Pidanakan Anggota yang Jadi Calo Tes Bintara

Reporter: Adi Briantika - 14 Mei 2022 10:42 WIB
Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno menegaskan penerimaan calon bintara tidak dipungut biaya alias gratis.
tirto.id - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno menginstruksikan seluruh anggotanya untuk tidak menjadi calo penerimaan bintara. Ia menegaskan penerimaan calon bintara tersebut gratis.

"Saat ini kami sedang menyeleksi calon bintara. Saya ingatkan agar jangan main-main dengan seleksi bintara, apalagi menjadi calo atau menjanjikan apa pun," kata Hendro di Polda Lampung, Jumat (13/5/2022).

Hendro akan memproses hukum anggotanya apabila kedapatan menjadi calo penerimaan bintara.

"Saya akan pidanakan, apa pun itu pangkatnya. Kalau (calon bintara) ketahuan bayar walau sudah diterima di SPN, saya pasti akan pecat (anak buahnya yang menjadi calo)," kata dia.

Hendro juga mengimbau agar seluruh masyarakat melapor ke Bidang Propam Polda Lampung jika personel maupun PNS Polri menjadi calo penerimaan bintara.

Hendro mengklaim 83 anggota personel kepolisian telah diberhentikan dengan tidak hormat lantaran melanggar aturan.

"Yang sudah saya pidanakan juga banyak. Ada yang dihukum 7 tahun, (dihukum) 12 tahun, bahkan belum lama ini di Lampung Barat ada lagi dihukum 12 tahun," ujar dia.

Merujuk kepada https://penerimaan.polri.go.id/, kepolisian juga memiliki whistle-blower system untuk memproses pelaporan atau informasi berkaitan dengan perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan, peraturan/standar, kode etik, dan kebijakan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan umum, KKN, dalam proses penerimaan anggota Polri.


Baca juga artikel terkait BINTARA POLRI 2022 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight