May Day 2022, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar DPR dan GBK

Reporter: Adi Briantika - 14 Mei 2022 09:49 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar Gedung DPR RI dan Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) bersifat situasional.
tirto.id - Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR RI dan Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) saat demo buruh yang memperingati May Day Fiesta, Sabtu (14/5/2022). Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penutupan sejumlah ruas jalan bersifat situasional.

"Dari arah Semanggi, mereka tidak boleh belok ke arah Gelora Bung Karno. Tapi akan kami luruskan ke (arah) depan DPR," ujar Sambodo di Polda Metro Jaya, Jumat (13/5/2022).

Kemudian arus lalu lintas dari arah Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Pakubuwono juga bakal dialihkan. Bagi pengendara yang mengarah ke Kuningan, maka akan dialihkan melalui Jalan Wijaya.

Sambodo mengimbau masyarakat menghindari kawasan Senayan sejak pukul 9.00-15.00 WIB.

"Jangan lupa dari pagi sampai siang di depan DPR/MPR, juga akan ada aksi unjuk rasa,” imbuhnya.

Kepolisian juga mengatur pintu masuk dan lahan parkir bagi massa di GBK. Terdapat tiga pintu masuk stadion Gelora Bung Karno yakni Pintu 10, Pintu 7, dan Pintu 5.

"Kami rencanakan buruh yang berasal dari Jawa Barat, artinya berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bogor, akan kita tempatkan di Parkir Timur. Buruh yang berasal dari Jakarta, kami tempatkan di Ring Road area GBK," terang Sambodo.

Kemudian, massa yang datang dari Banten, Tangerang Raya dan sekitarnya bisa memarkirkan kendaraannya di sekitar Asia Afrika.

Selanjutnya, untuk massa yang membawa motor bisa parkir di area Lapangan ABC dan akuatik, dan bagi yang membawa kendaraan pribadi dapat menempati lapangan parkir Istora Senayan.

Kegiatan buruh hari ini akan dimulai dengan unjuk di depan gedung DPR sekira pukul 10.00-12.00, diteruskan dengan acara May Day Fiesta di Gelora Bung Karno pukul 13.00-17.30.


Baca juga artikel terkait DEMO BURUH DI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight