Jokowi Sarankan Pengendara Hati-Hati Saat Melintasi Tol Trans Jawa

Oleh: Addi M Idhom - 20 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi mengingatkan agar pengendara berhati-hati dan tidak memacu kendaraan terlalu cepat saat melintasi Tol Trans Jawa.
tirto.id - Presiden Joko Widodo hari ini menjajal perlintasan di jalur Tol Trans Jawa. Saat melakukan perjalanan itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengendarai bus.

Jokowi dan rombongannya melintasi jalur Tol Trans Jawa sepanjang 349 kilometer dari Surabaya, Jawa Timur hingga Kendal, Jawa Tengah.

Dia melakukan perjalanan itu setelah meresmikan empat ruas baru tol Trans Jawa di Jawa Timur. Di Jawa Tengah, Jokowi juga meresmikan tiga ruas tol Trans Jawa baru di daerah tersebut. Tiga ruas tol itu adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang dan Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura.

“Ya tadi kita naik bus sepanjang 349 km. Mulus, di busnya juga nyaman. Saya bisa tidur walaupun sebentar,” kata Jokowi usai tiba di Jembatan Kali Kuto Kendal, Jawa Tengah, Kamis sore (20/12/2018) seperti dilansir Antara.

“Artinya ini justru hati-hati. Jangan sampai supir pengendara terlalu cepat menjalankan kendaraan, mobilnya, sehingga berbahaya bagi keselamatan penumpang,” Jokowi menambahkan.


Dia lalu mengingatkan, “Saya pesen itu saja, karena terlalu mulus dan tadi kecepatan antara 90-100 km/jam saja sudah seperti itu. Enggak terasa sama sekali."

Jokowi khawatir kendaraan pribadi kemungkinan bisa melaju lebih cepat dari bus sehingga pengendara harus waspada. "Saya lihat mungkin mobil-mobil pribadi akan berjalan lebih cepat dari itu. Jadi hati-hati," kata dia.

Jokowi menambahkan pengoperasian Tol Trans Jawa, yang kini membentang dari Merak (Banten) hingga Pasuruan (Jawa Timur), merupakan sejarah baru transportasi Indonesia.


"Sejarah baru transportasi Indonesia, karena sudah tersambung dari Merak sampai di Grati [Pasuruan]. Dari Jakarta ke Surabaya. Kami harap dampak dari selesainya Jakarta-Surabaya, Merak-Grati, betul-betul memiliki dampak ekonomi yang baik terhadap kita semua," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga melepas ekspedisi Tol Trans-Jawa dengan membentangkan bendera tanda dimulainya kegiatan itu kepada truk dan mobil yang mengangkut logistik.

Rombongan Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Rest Area 391 A yang terletak tidak jauh dari Jembatan Kali Kuto, Kendal. Di rombongan Jokowi, juga tampak ikut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi SP.


Baca juga artikel terkait JALAN TOL TRANS JAWA atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom