Jadwal Perjalanan KRL di Masa Libur Lebaran Ditambah

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 14 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
KAI Commuter mulai Jumat (14/5) siang mengoperasikan enam jadwal perjalanan KRL yang sebelumnya tidak dijalankan selama masa larangan lebaran.
tirto.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memutuskan untuk menambah perjalanan kereta selama libur lebaran dan juga masa larangan mudik. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya kepadatan penumpang yang terjadi beberapa hari ini.

"Selama masa lebaran KAI Commuter beroperasi terbatas dengan jam operasional 04:00 - 20:00 WIB setiap harinya, menjalankan 886 perjalanan KRL. Untuk antisipasi kepadatan lebih lanjut, KAI Commuter mulai siang ini akan mengoperasikan setidaknya enam jadwal perjalanan kereta tambahan yang sebelumnya selama masa larangan mudik 6-17 Mei tidak dijalankan," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat (14/5/2021).

Ia menjelaskan petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak diantara para pengguna. Penambahan petugas juga akan dilakukan untuk menertibkan protokol kesehatan di sejumlah stasiun yang berpotensi padat antara lain Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi.

Berdasarkan data KCI pada hari kedua lebaran ini terlihat ada peningkatan jumlah pengguna yang memanfaatkan jasa layanan KRL, dan kebanyakan adalah para pengguna musiman. Hingga pukul 10:00 WIB pada Jumat 14 Mei hari ini tercatat 70.906 pengguna telah menggunakan jasa KRL.

Sementara pada hari lebaran pertama kemarin yaitu 13 Mei total jumlah pengguna jasa KRL Commuter Line sepanjang hari tersebut adalah 226.767. Sementara satu hari sebelum lebaran jumlah pengguna KRL pada Rabu 12 Mei 2021 mencapai 212.373 pengguna.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menambah jumlah petugas dalam mengawal protokol kesehatan saat musim libur Lebaran tahun ini. Budi tak ingin ada kepadatan penumpang, baik di stasiun maupun di dalam kereta sehingga khawatir terjadinya penyebaran virus corona COVID-19.

“Untuk mengantisipasi kepadatan itu, Saya meminta kepada PT KCI untuk benar-benar mengawal protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas maksimal penumpang. Petugas perlu ditambah dan lakukan dengan profesional,” kata Budi saat meninjau Stasiun Manggarai di Jakarta, Jumat (14/5/2021).




Baca juga artikel terkait LIBUR LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Bayu Septianto
DarkLight