SEA Games 2022

Jadwal Lengkap SEA Games 2022 Seluruh Cabor 6-22 Mei & Cara Ceknya

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 5 Mei 2022 19:36 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal lengkap SEA Games 2022 (2021) seluruh cabor 6-22 Mei bisa dicek melalui laman resmi SEA Games 2021 Vietnam.
tirto.id - Jadwal lengkap SEA Games 2022 (2021) seluruh cabor (cabang olahraga) akan dihelat pekan ini di Vietnam, mulai 6-22 Mei mendatang. Cara cek jadwal seluruh cabor dalam kejuaraan multi event ini relatif mudah, yakni dengan mengunjungi laman resmi SEA Games 2021 Vietnam.

Sejatinya SEA Games edisi ke-31 ini diagendakan pada tahun 2021 lalu. Akan tetapi kondisi pandemi global COVID-19 memaksa penyelenggara untuk menunda pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut hingga tahun 2022.

Panitia penyelenggara SEA Games Hanoi (Vietnam) sebelumnya sudah mengumumkan total 40 cabor dengan 526 nomor yang akan dipertandingkan untuk edisi kali ini.

Akan tetapi pihak penyelenggara lantas memutuskan untuk menghapus 3 nomor perlombaan, lantaran jumlah partisipasi peserta tidak sesuai ketentuan.

Dikutip dari Vietnam News, cabor tolak peluru nomor putri hanya diikuti oleh Thailand dan Indonesia. Sementara lontar martil putra hanya punya 2 peserta, yakni Thailand dan Malaysia.

Jumlah tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk digelarnya kompetisi. Mengacu regulasi SEA Games 2021, sebuah event hanya akan bergulir apabila setidaknya terdapat 3 negara yang menjadi partisipan.

Sebelumnya, kondisi serupa juga terjadi pada cabor bola tangan pantai sektor putri. Kompetisi terpaksa dibatalkan karena hanya Vietnam dan Thailand yang mengirimkan wakilnya. Oleh karenanya dari total 526 nomor yang direncanakan semula, kini hanya menyisakan 523 saja.

Perubahan tersebut turut mempengaruhi pengiriman delegasi atlet Indonesia, khususnya dari cabor atletik. Eki Erawati Febri atlet tolak peluru putri terpaksa mengurungkan niatnya tampil di SEA Games 2022.

Hal ini patut disayangkan lantaran Eki termasuk salah satu atlet andalan Indonesia di cabor tolak peluru. Ia berpeluang menyabet emas, lantaran mempunyai rekam jejak performa yang relatif bagus.

Eki sempat merebut medali emas SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kemudian untuk SEA Games 2019 Filipina, ia membawa pulang medali perak. Ketika itu Eki hanya kalah dari wakil Thailand, Areerat Intadis.

Sementara di tingkat nasional prestasi Eki juga gemilang. Ia meraih gelar di Kejuaraan Nasional 2017. Ketika itu Eki juga berhasil memecahkan rekor nasional tolak peluru putri, dengan jangkauan 12,60 meter.



Cek Jadwal Lengkap SEA Games 2022


Sejumlah cabang olahraga SEA Games 2022 akan mulai dipertandingkan pada hari Kamis (6/5/2022) besok, di antaranya: sepak bola putra, bola tangan pantai, serta kickboxing.

Duel pembuka cabor sepak bola putra akan mempertemukan Filipina vs Timor Leste. Laga ini akan dihelat di Stadion Viet Tri, mulai pukul 16.00 waktu setempat. Sementara Tim Nasional U23 Indonesia akan berjumpa Vietnam beberapa jam usai duel Filipina vs Timor Leste.

Usai menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia bakal mendapat waktu istirahat yang cukup banyak. Garuda Muda baru bertanding lagi pada 10 Mei, menghadapi Timor Leste.

Dan selang 2 hari kemudian, pihak panitia mengagendakan Opening Ceremony atau upacara pembukaan resmi pada 12 Mei.

Bertepatan hari pembukaan SEA Games 2021 sejumlah cabor juga tetap dipertandingkan. Di antaranya: catur, sepak bola putra, sepak bola putri, futsal putra, futsal putri, pencak silat, serta rowing.

Jadwal lengkap seluruh perlombaan dari semua cabang olahraga SEA Games 2021 dapat diakses melalui laman resmi SEA Games 2021 Vietnam. Laman tersebut baru diresmikan pada Rabu (4/5/2022) kemarin oleh Kantor Berita Vienam (VNA).

"VNA, sebagai anggota Organisasi Kantor Berita Asia-Pasifik (OANA), telah memberitahu anggota OANA lainnya tentang SEA Games," kata Vu Viet Trang, Direktur VNA.

Pengguna dapat melihat jadwal cabor yang dipertandingkan secara lengkap hari per hari, juga untuk jadwal kompetisi yang melibatkan perebutan medali. Laman resmi SEA Games 2021 Vietnam dapat diakses melalui tautan ini.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2022 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Oryza Aditama

DarkLight