Jadwal Imsak, Subuh & Buka Puasa 2018 di Kota Bima Hari Ini

Oleh: Aditya Widya Putri - 17 Mei 2018
Masjid Terapung jadi tempat ibadah unik nan eksotis di Kota Bima karena berada di atas Pantai Ama Hami.
tirto.id - Islam baru memasuki Dana Mbojo (Tanah Bima), Sumbawa, NTB pada pertengahan abad 16, dibawa oleh pendakwah dan pedagang dari kesultanan Demak. Islamisasi di wilayah Bima dimulai dari wilayah pesisir Bima pada tahun 1540-1621.

Lalu menjadi tonggak sejarah peralihan sistem pemerintahan dari kerajaan menjadi Kesultanan Bima pada tahun 1621-1640. Islam memperoleh kejayaannya di Bima di kisaran tahun 1640-1950. Sejak itu, Bima menjadi salah satu wilayah pusat perkembangan Islam di Nusantara.

Salah satu keunikan Islam di Bima terwujud dari Majid Terapung, di barat gerbang masuk Kota Bima. Masjid ini tak memiliki atap kubah, melainkan berbentuk seperti limas segitiga. Sembari menunggu waktu shalat di masjid ini, pengunjung bisa menikmati matahari terbenam di ufuk barat pantai dan ragam kuliner khas Bima yang dijual di sekitaran Pantai Ama Hami.

Bagi masyarakat Kota Bima yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.




Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Aditya Widya Putri
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Aditya Widya Putri
Editor: Aditya Widya Putri
a