Iwan Bule Usung "PSSI 4.0", Arief: Padahal FIFA Baru "2.0"

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 1 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Caketum PSSI, Arif Putra Wicaksono penasaran dengan "PSSI 4.0" yang diusung Iwan Bule.
tirto.id - Caketum PSSI, Arief Putra Wicaksono hingga kini masih penasaran dengan penjabaran visi dan misi bertagline "PSSI 4.0" yang diusung kompetitornya, Komjen Pol M Iriawan alias Iwan Bule. Arif, menilai asal muasal isitilah itu berlebihan, karena bahkan organisasi sebesar FIFA pun sampai kini masih mengandalkan visi dan misi dengan tagline "FIFA 2.0".

"Saya penasaran dengan visi dan misi Iwan Bule yang mencantumkan 'PSSI 4.0', padahal FIFA baru berada di 2.0," kata Arief di FX Sudirman, Jumat (1/11/2019).

Karena rasa penasaran itu pula, Arif sejak awal ingin bertanya langsung kepada Iwan, kalau bertemu dalam acara debat terbuka yang dicanangkan Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI. Akan tetapi, hal tersebut tak pernah kesampaian karena KBP secara sepihak membatalkan debat yang seharusnya terselenggara Kamis (31/10/2019) kemarin.

Arif menuturkan, keputusan pembatalan tersebut membuat dirinya merasa kecewa sampai sekarang. Kekecewaan itu pula yang kemudian mendorong Arif untuk bergabung dalam deklarasi "PSSI Baru Menuju Perubahan." Deklarasi ini diikuti Arif bersama delapan caketum lain, yakni: Avin S Hinelo, Vijaya Fitriyasa, Fary Djemi Francis, Bernhard Limbong, Benny Erwin, Rahim Soekasah, Sarman El Hakim, dan Yesayas Oktavianus.

Kesembilan caketum tersebut sepakat mendorong terwujudnya kongres PSSI yang bersih dari politik uang. Mereka juga membuka posko di sekitar tempat kongres, sebagai lokasi yang bisa diakses apabila ada voters yang ingin tau lebih jauh tentang visi dan misi kesembilan calon di atas.

"Meskipun kami sembilan orang melakukan deklarasi, saya pastikan tidak ada tarik ulur kepentingan. Saya juga tak serta merta menerima semua keputusan dari deklarasi," ujar Arief menekankan.

Kongres PSSI yang bakal dihelat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019) besok rencananya bakal diikuti 11 orang caketum. Adapun dua caketum lain, yang tak bergabung dalam deklarasi tapi tetap maju mencalonkan diri, adalah La Nyalla Mattalitti dan Iwan Bule.

Selain memilih ketua umum, kongres akhir pekan nanti juga mengagendakan pemilihan wakil ketua umum dan anggota exco baru. Total ada 15 orang terdaftar sebagai calon wakil ketua umum dan 71 calon exco. Nantinya bakal ada satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 exco yang berhak mendapat kursi di forum eksekutif PSSI.


Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Widia Primastika
DarkLight