Periksa Fakta

Informasi Salah Terkait Keadaan Putra Ridwan Kamil

Penulis: Irma Garnesia - 30 Mei 2022 18:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di sepanjang sungai Aare, kota Bern, Swiss, berlanjut di hari keempat.
tirto.id - Masyarakat baru-baru ini digegerkan oleh kabar mengenai putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, atau biasa dipanggil Eril, yang diberitakan hilang ketika berenang di Sungai Aaree, Swiss sejak Kamis (26/5/2022) lalu, seperti dinukil dari kantor berita Antara.

Banyak sekali doa yang dikirimkan masyarakat melalui berbagai platform media sosial agar Eril segera ditemukan. Namun, ada pula informasi yang tersebar dan berpotensi disalah artikan. Informasi tersebut diunggah oleh situs motivasihijrahmuslim.com dengan judul “Viral Kabar Anak Ridwan Kamil Ditemukan Setelah Hanyut Terseret Arus Sungai Aare Swiss” pada 28 Mei.

Berita yang mengutip situs ini juga diunggah di unggahan Facebook akun Motivasi Hijrah Muslim di sini. Hingga kini, unggahan ini telah disukai sebanyak 2.800 kali, dibagikan 29 kali, dan mendapat 212 komentar per 30 Mei 2022.

Periksa Fakta Informasi Salah Terkait Keadaan Eril
Periksa Fakta Informasi Salah Terkait Keadaan Putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan. foto/Hotline Periksa Fakta tirto


Lantas, bagaimanakah perkembangan pencarian putra Ridwan Kamil per hari Senin (30/5/2022) ini? Betulkah Eril telah ditemukan?

Penelusuran Fakta

Tirto menelusuri secara lengkap informasi yang dimuat di situs motivasihijrahmuslim.com. Situs tersebut menuliskan, “Putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, hanyut di Sungai Aare, Swiss. Peristiwa ini terjadi pada Kamis 26/5/2022. Di saat berbagai pihak berusaha mencari putra sulung Ridwan Kamil, dikabarkan pria yang sedang mengejar gelar master di Swiss itu telah ditemukan."

Situs ini melanjutkan bahwa berdasarkan informasi terbaru, menurut informasi yang diklaim berasal dari kerabat Kang Emil, Bunda Inge Suprayogi, Eril telah sudah ditemukan, yang diklaim berasal dari foto tangkapan layar pesan yang diunggah @bennyrhamdani_ di Twitter, pada Jumat (27/5/2022).

Lalu, di tengah artikel, situs yang sama membantah informasi yang mereka sampaikan. Mereka menulis bahwa kabar tersebut juga telah dibantah oleh radio Bandung, PRFM.

Untuk mengecek klaim tersebut, Tirto menelusuri akun Twitter @bennyrhamdani_. Berdasarkan hasil pencarian di linimasa, Tirto tidak menemukan adanya unggahan tangkapan layar pesan yang menyatakan bahwa Eril sudah ditemukan.

Kemudian, tim riset Tirto juga menelusuri berita terkini mengenai pencarian putra Ridwan Kamil lewat situs Kementerian Luar Negeri RI, Kemlu.go.id. Berdasarkan siaran pers teranyarnya, per 29 Mei 2022 pukul 19.00 CET (Central European Time), pencarian Eril masih berlanjut hingga hari keempat.

Menukil dari Kemlu.go.id, pencarian Eril telah dimulai di pagi hari pukul 09.00 waktu setempat, yang dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern. Pencarian di sesi pagi hari dilakukan dengan metode boat search dengan menggunakan teropong untuk memantau situasi bawah air. Area pencarian telah mengerucut pada lokasi yang dinilai paling potensial di wilayah Marzili.

Menurut informasi resmi tersebut, pada sesi sore, pencarian difokuskan antara pintu air Schwellenmaetelli dan Engehalde dengan menggunakan perahu. Namun, hingga pukul 7 malam waktu setempat, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Menurut Polisi Maritim, proses pencarian pada hari itu masih terkendala oleh tingkat kekeruhan air yang bersumber dari partikel lelehan salju. Pencarian akan kembali dilanjutkan pada Senin (30/5/2022). Pencarian oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran sebagai pilot drone.

Seperti dilaporkan Antara pada 27 Mei 2022, keluarga Ridwan Kamil sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah bagi Eril yang hendak melanjutkan pendidikan S2. Saat kejadian, Gubernur Jawa Barat tersebut sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada 26 Mei 2022 siang waktu setempat, Eril berenang di Sungai Aaree, Bern, bersama adik dan kawannya. Namun, ketika berusaha naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras.

Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar tentang musibah tersebut dan saat ini telah berkumpul bersama keluarganya.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa informasi yang disampaikan di situs motivasihijrahmuslim.com dan yang beredar di unggahan Facebook bersifat salah sebagian (partly false).

Pencarian Eril putra Ridwan Kamil masih berlangsung melewati hari keempat. Situs tersebut memang menuliskan di tengah artikel bahwa informasi yang mereka tuliskan adalah hoaks, tapi penulisan judul artikel dan juga cara penyampaian artikel berpotensi disalahartikan oleh banyak orang.

==============

Tirto mengundang pembaca untuk mengirimkan informasi-informasi yang berpotensi hoaks ke alamat email factcheck@tirto.id atau nomor aduan WhatsApp +6287777979487 (tautan). Apabila terdapat sanggahan atau pun masukan terhadap artikel-artikel periksa fakta maupun periksa data, pembaca dapat mengirimkannya ke alamat email tersebut.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Irma Garnesia
(tirto.id - Mild Report)

Penulis: Irma Garnesia
Editor: Farida Susanty

DarkLight