Tirto & NU Online

Imam Al-Ghazali: Puasa Dekatkan Manusia pada Kedamaian & Kesegaran

Oleh: Ivan Aulia Ahsan - 5 Mei 2019
Bagi Imam Al-Ghazali, puasa-puasa sunah sebaiknya dilakukan semua Muslim. Tempat khusus di surga bertuliskan "kedamaian" akan tersedia untuk ahli puasa.
tirto.id - Imam Al-Ghazali pernah memberi beberapa penjelasan soal keutamaan puasa. Penjelasan Al-Ghazali bisa menuntun kita untuk mendapatkan hakikat puasa seutuhnya.

Di antaranya adalah peringatan agar umat Islam tidak membatasi berpuasa hanya di bulan Ramadan, tapi juga melakukan puasa sunah pada bulan-bulan lain. Al-Ghazali mengibaratkan bahwa jarak kebanyakan manusia dengan orang-orang yang ahli berpuasa sunah seperti penduduk bumi dan bintang-bintang di langit.

Pemikir besar Islam itu menjelaskan pula bahwa Allah telah menyediakan satu tempat khusus di surga untuk para ahli puasa. Di pintu tempat itu terpacak tulisan "Al-Rayyan" yang berarti kesegaran atau kedamaian.

Menurut Al-Ghazali, tempat itu hanya bisa dimasuki oleh mereka yang rajin berpuasa baik wajib maupun sunah. Setelah semua ahli berpuasa telah masuk, pintu itu akan tertutup dan orang lain tidak bisa memasukinya.

Penjelasan lebih lanjut tentang hakikat puasa menurut Al-Ghazali bisa disimak di artikel berikut ini.






Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ivan Aulia Ahsan
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ivan Aulia Ahsan
Editor: Zen RS