Hari Pertama Kerja, Wiranto Rapat Koordinasi Stabilitas Keamanan

Oleh: Felix Nathaniel - 10 Juni 2019
Menurut Wiranto, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan ke depan, salah satunya adalah masalah sidang gugatan Pilpres 2019 di MA.
tirto.id -
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto memimpin rapat koordinasi dengan menteri dan pimpinan TNI-Polri terkait evaluasi mudik 2019 dan stabilitas politik serta keamanan mendatang.

Menurut Wiranto, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan ke depan, salah satunya adalah masalah sidang gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi hari Jumat (14/6/2019) mendatang.

"Berikutnya kita kembali sekarang sudah selesai liburan panjang. Kembali konsentrasi kita menjaga stabilitas politik keamanan pasca lebaran, terutama sidang MK. Masih menyangkut dari penyelesaian masalah pasca pemilu serentak 2019," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Wiranto mengapresiasi semua pihak yang setuju menyelesaikan konflik politik melalui MK. Dia berharap setelah sidang pun pihak-pihak yang bersengketa tetap konsisten menjaga kedamaian.

"Tentu ya kita berharap para kontestan ini tetap konsisten dengan ini sehingga nantinya akan menghormati akan menerima keputusan apapun di persidangan MK. Dengan menerima keputusan itu juga tidak akan memperpanjang permasalahan," kata Wiranto lagi.

Dalam pertemuan kali ini, dihadiri juga oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan juga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Mereka juga mengadakan evaluasi terkait mudik lebaran 2019. Menurut Wiranto, angka kecelakaan menurun di 2019 ini dibanding tahun sebelumnya.


Baca juga artikel terkait HARD NEWS atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Nur Hidayah Perwitasari