Golkar Usul 2 Menteri Dipertahankan Jokowi dan Imbuh 1 Menteri Muda

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 12 Juli 2019
Dua menteri dari Golkar saat ini diharapkan tak diganti Jokowi. Kemudian, diusulkan satu menteri muda dari Golkar.
tirto.id - Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) merespons soal calon menteri muda dari partai berlambang pohon Beringin.

"Nanti tanyanya kalau saya jadi Ketum Golkar ya," ujar Bamsoet sambil bercanda di Gedung Nusantara III gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Ia lalu menjawab serius terkait pertanyaan calon menteri muda dari Golkar. Menurut dia, Jokowi tetap harus untuk memberikan kesempatan generasi muda alias milenial untuk masuk dalam kabinetnya.

Menurut dia, menteri dari Golkar yang layak disodorkan ke Jokowi yakni Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Dito Aritedjo.


"Menurut saya dia [Dito Ariotedjo] salah satu yang layak diajukan oleh Partai Golkar. Tapi yang pasti hak otoritasnya ada di ketua umum," kata dia.

Dito, kata dia, memiliki kompetensi dan integritas untuk diajukan sebagai menteri muda.

"Ketua Umum AMPI pasti punya [kompetensi dan integritas]. Kalau nggak, nggak akan jadi Ketua Umum AMPI. Saya sepakat," ujar dia.

Bamsoet juga mengatakan, agar dua menteri dari Golkar tetap dipertahankan dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf, yakni Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menurut dia, Airlangga dan Agus layak dipertahankan menjadi menteri, karena menunjukkan kinerja yang bersih dan bagus.

"Kalau soal jatah menteri sebenarnya. Saya tidak tahu menahu apakah Golkar minta satu [kursi], atau minta dua [kursi], tapi kalau ditanya siapa yang pantas dari Partai Golkar untuk kursi menteri, saya bisa jawab, Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang," kata dia.




Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali