Jokowi Sudah Tentukan Nama Menteri yang Akan Lanjut di Kabinet Baru

Oleh: Hendra Friana - 12 Juli 2019
Presiden Jokowi mengatakan sejumlah menteri yang ada di kementerian saat ini tetap akan menjabat dan dipakai.
tirto.id -
Presiden Joko Widodo memastikan telah mengantongi sejumlah nama menteri yang bakal menjabat di kabinet periode 2019-2024 mendatang.

Ia mengatakan, sejumlah menteri yang saat ini menjabat tetap akan dipakai, baik di kementerian yang sama maupun dipindah ke kementerian lain.

"Banyak (jumlahnya). Ya nanti dilihat. Kalau keluar (pengumumannya) dilihat," ucapnya usai membuka acara Pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat (12/5/2019).

Jokowi juga masih mempertimbangkan sejumlah nama menteri yang tersandung kasus hukum di kabinet saat ini. Jika masih dinilai layak, maka yang bersangkutan akan tetap dipakai dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Ya nanti dilihat. Semua hal mesti kita pertimbangkan," imbuh mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Saat ini, ujar Jokowi, dirinya masih mencari sejumlah figur muda yang tepat untuk mengisi jabat-jabatan strategis di kementerian, termasuk yang berasal dari partai politik.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda. Ada dari profesional juga. Kalau enggak ada dari partai, ya, kita cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget," tuturnya.

Ia mengaku, tidak mau ambil pusing soal para partai politik (Parpol) yang "meminta jatah" kursi menteri di masa kepemimpinannya 5 tahun mendatang. Hal itu, menurutnya, sah-sah saja lantaran parpol lah yang mengusung dirinya maju untuk periode selanjutnya.

"Ya enggak apa-apa. Mau minta 10, mau minta 11, mau minta 9. Kan, enggak apa-apa wong minta aja," pungkas Jokowi.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight