Gempa 24 September 2020

Gempa Ambon Hari Ini Magnitudo 4,1 & Pusat Gempa di Kedalaman 10 Km

Oleh: Addi M Idhom - 24 September 2020
Gempa magnitudo 4,1 hari ini mengguncang kawasan Ambon. Pusat gempa berada di darat.
tirto.id - Gempa hari ini mengguncang kawasan Ambon, Provinsi Maluku, dan sekitarnya. Berdasarkan data BMKG, Gempa di Ambon yang berkekuatan Magnitudo 4,1 tersebut terjadi pada pukul 16.35.19 WIB, Kamis, 24 September 2020.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa di Ambon tersebut berpusat di kedalaman 10 kilometer. Lokasi pusat gempa ini berada di darat.

Pusat gempa Ambon pada hari ini tersebut berada sekitar 19 km arah timur laut dari Kota Ambon. Adapun koordinat pusat gempa berada pada 3.62 LS dan 128.33 BT.

Guncangan akibat gempa hari ini dirasakan di Kota Ambon dengan skala MMI III. Selain itu, gempa juga dirasakan warga di kawasan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, dalam skala yang sama.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) III menunjukkan bahwa getaran akibat gempa dirasakan nyata dalam rumah. Guncangan akibat gema terasa seperti getaran saat ada truk berlalu.

Laporan Antara menyebutkan bahwa gempa pada Kamis petang, pukul 18.35 WIT ini membuat warga di Ambon sempat berhamburan keluar rumah.




Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight