Gede Widiade Enggan Komentar Soal Dana Segar Persija

Oleh: Felix Nathaniel - 7 Maret 2018
Gede Widiade bungkam soal sumebr dana segar yang didapatkan Persija Jakarta.
tirto.id -
Direktur Utama Persija Jakarta Gede Widiade bungkam soal sumber dana Persija. Menurut Gede, tugasnya hanya sebagai Direktur Utama yang bertanggungjawab dalam melaksanakan operasional pada pemegang saham.
"Bukan tidak tahu saya tidak berwenang untuk memberitahukan itu," kata Gede di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Macan Kemayoran diduga mendapatkan dana segar dari PT Jakarta Indonesia Hebat (JIH), dengan komisaris Joko Driyono. Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI ini mengakuisisi 95 persen saham klub. Sedangkan PT JIH menguasai 80 persen saham Persjia. Padahal ketika itu Persija tengah menanggung utang yang disebut media mencapai Rp90 miliar.

Utang itu diklaim lunas saat Gede Widiade datang dengan mekanisme pembayaran "rekapitalisasi modal". Rekapitalisasi modal merupakan suntikan dana darurat supaya keuangan perusahaan tetap sehat.

"Lunas, kan, tak mesti dibayar. Tapi bisa diobrolkan secara baik-baik," ucap Gede tanpa merinci maksud diselesaikan "secara baik-baik" itu.

Menurut Gede, uang ini didapat dari para pemegang saham di PT JIH, salah satunya Joko Driyono. Meski demikian, Gede membela mati-matian Joko Driyono. Menurutnya, kepemilikan saham Joko Driyono di Persija tidak ada hubungannya dengan posisi plt Ketua Umum PSSI.
"Nggak ada hubungan dengan PSSI. Masa ada PT dari PSSI?" dalih Gede.

Baca liputan mendalam Tirto.id soal Persija ini pada tautan berikut:


Baca juga artikel terkait PERSIJA atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Agung DH