Flash News

Eks Menteri ATR Ferry Mursyidan Baldan Meninggal Dunia

Penulis: Fahreza Rizky, tirto.id - 2 Des 2022 15:13 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ferry Mursyidan Baldan merupakan aktivis HMI, pernah berkarier di Partai Golkar hingga Nasdem. Pada 2018 bergabung dengan Tim Pemenangan Prabowo-Sandi.
tirto.id - Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan meninggal dunia pada Jumat (2/12/2022) pukul 12.00 WIB di Jakarta. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh kolega Ferry, Viva Yoga Mauladi yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

"Benar," ucap Yoga kepada Tirto, Jumat (2/12/2022). Yoga merupakan politikus PAN yang bersama-sama Ferry berada di dalam organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Yoga belum menjelaskan secara rinci penyebab Ferry meninggal dunia. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Jalan Anggrek Cendrawasih IX Nomor 24, Slipi, Jakarta Barat.


Ferry Mursyidan Baldan lahir 16 Juni 1961. Sebelum menjadi Menteri ATR pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi, ia merupakan anggota Komisi II DPR periode 2004-2009 sekaligus Ketua Pansus RUU Pemilu.

Ferry merupakan aktivis HMI. Ia pernah berkarier di Partai Golkar. Di Golkar, Ferry menjadi anggota DPR pada periode 1999-2009. Saat menjadi anggota DPR, ia pernah duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar dan Ketua Pansus RUU Pemilu Legislatif yang menghasilkan UU Pemilu untuk Pemilu 2004.

Ferry kemudian bergabung dengan Partai Nasdem yang dipimpin Surya Paloh, sesama eks politikus Partai Golkar. Di Nasdem ia menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Nasdem. Namun pada 2018 Ferry berbeda dukungan dengan Nasdem soal capres pada Pemilu 2019. Ia pun bergabung dengan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kabar meninggalnya Ferry Mursyidan Baldan juga dibenarkan tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) Sigit Pamungkas.

"Saya sudah menghubungi Hanifah Husein, istri almarhum (Ferry Mursyidan), untuk memastikan kabar tersebut. Benar, Abang Ferry Mursyidan Baldan telah meninggal dunia," kata Sigit dilansir dari Antara.

Sigit mengenang pertemuannya yang terakhir dengan Ferry saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mendampingi Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud M.D.


Baca juga artikel terkait FERRY MURSYIDAN BALDAN atau tulisan menarik lainnya Fahreza Rizky
(tirto.id - Politik)

Penulis: Fahreza Rizky
Editor: Bayu Septianto

DarkLight