DKI Siapkan Lahan 2 Hektare untuk Makam COVID-19 di Rorotan, Jakut

Oleh: Riyan Setiawan - 1 Oktober 2020
Makam seluas dua hektar itu diperkirakan mampu menampung sebanyak 6.000 jenazah.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza mengklaim pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 2 hektare untuk makam khusus jenazah yang dikubur dengan protokol COVID-19.

Penambahan makam tersebut dikarenakan lahan di pemakaman Pondok Rangon Jakarta Timur dan Tegal Alur Jakarta Barat semakin menipis. Sementara banyak jenazah yang dikubur dengan protap COVID-19.

"Kami sudah menyiapkan tempat lain sebagai alternatif, di antaranya yang dalam proses penyiapan di Rorotan. Kurang lebih kami siapkan sekarang 2 hektare di situ," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2020).

Makam seluas dua hektar itu, klaim Riza, diperkirakan mampu menampung sebanyak 6.000 jenazah.

"Itu kami siapkan, nanti kami lihat lagi progresnya. Kalau nanti dirasa sudah kurang, nanti kami siapkan lagi tempat lainnya," ucapnya.

Politikus Partai Gerindra itu meminta agar warga Jakarta tidak perlu khawatir DKI akan kekurangan makam untuk menguburkan jenazah dengan protap COVID-19.

"Pemprov DKI akan memberikan pelayanan fasilitas terbaik sesuai kemampuan kami dan juga atas dukungan pemerintah pusat," klaim dia.

Berdasarkan situs corona.jakarta.go.id, per 30 September 2020, total pemakaman dengan protap COVID-19 di DKI Jakarta mencapai 6.524 jenazah.


Baca juga artikel terkait PEMAKAMAN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight