Dinas LH Respons Positif Baliho Kampanye Polusi Udara di Jakarta

Oleh: Haris Prabowo - 21 Agustus 2018
Isnawa Adji mengatakan, baliho soal polusi udara di Jakarta adalah peringatan bagi semua pihak untuk selalu menjaga kualitas udara di ibukota.
tirto.id - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji merespons positif pemasangan baliho besar di salah satu billboard di Jalan Gatot Subroto bertuliskan "#WeBreatheTheSameAir."

"Bagi saya, baliho itu menjadi semacam peringatan bahwa kita bersama punya kewajiban menjaga kota dari polusi udara," katanya saat dihubungi oleh Tirto, Selasa (21/8/18) siang.

Sebuah papan reklame besar terpampang di Jalan Jendral Gatot Subroto, halaman Taman Ria Senayan, sejak malam (21/8/2018) tadi. Pada billboard itu terpampang wajah orang mengenakan masker dengan latar hitam. Di bawahnya ada tulisan "#WeBreatheTheSameAir."

Pemasangnya adalah Greenpeace Indonesia. Pagi tadi, beberapa orang memanjat billboard itu dengan peralatan keselamatan lengkap.

Hadi Priyanto, Publik Engagement Campaigner Greenpeace Indonesia, mengatakan kepada Tirto kalau tujuan kampanye adalah mengingatkan para atlet yang bertanding di Asian Games bahwa "kondisi udara di Jakarta hari ini tidak sehat."

Isnawa mengatakan, pemasangan baliho tersebut menjadi pengingat bagi masyarakat dan pemerintah bahwa polusi udara menjadi permasalahan universal global, termasuk di Jakarta. Isnawa mengaku di Jakarta, 70 persen penyumbang emisi karbon hadir dari sektor transportasi.

"Kita sih berpikir positif saja, bahwa kualitas udara menjadi tanggung jawab semua, tidak hanya pemerintah," katanya.

Namun, Isnawa membantah omongan Hadi mengenai kondisi udara di Jakarta yang tidak sehat.

"Kualitas udara Jakarta masih di kategori baik dan sedang, meruju Indeks Standart Pencemaran Udara," tutup Isnawa.


Baca juga artikel terkait PENCEMARAN UDARA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Dari Sejawat
Infografik Instagram